Sukses

Parenting

5 Tips Mengenalkan Anak Pada Kolam Renang Agar Tak Takut Air

Kolam renang bisa jadi hal yang menakutkan untuk anak-anak, karena jumlah airnya yang banyak dan punya risiko menenggelamkan. Bukan hanya anak-anak saja yang takut dengan air, bahkan banyak orangtua justru melarang anak untuk dekat-dekat dengan air.

Melarang anak dekat kolam renang memang suatu keharusan, apalagi jika kamu belum pernah sama sekali mengenalkan air kolam pada anak. Tapi inilah justru jadi waktu yang tepat, sudah waktunya orangtua mengenalkan anak pada air kolam renang sehingga ia merasa aman dan tidak takut air. Sue Mackie, eksekutif director United States Swim School Association mengatakan, ada sekian cara mengenalkan anak pada air.

    Jangan langsung mencelupkan anak ke dalam air

    Hal ini bisa menimbulkan syok karena anak belum terbiasa. Buat anak main-main dengan air di kolam paling dangkal untuk balita. Pertama, mencelupkan kaki ke dalam air agar anak terbiasa, kemudian ke kolam yang sedikit lebih dalam, sebatas pinggulnya atau pahanya. Kemudian beralih ke kolam yang lebih dalam. Dengan pembiasaan anak jadi familiar dan bisa menyesuaikan diri dengan baik terhadap air kolam.

    Selalu dampingi anak ketika dekat kolam

    Jangan pernah mengizinkan anak masuk ke kolam sendirian, selalu dampingi dan gandeng tangannya. Lantai kolam kemungkinan licin dan terkadang anak suka berlari-lari, dengan menggandeng tangannya, kamu bisa mengontrol pergerakannya.

    Jangan gunakan Water Wings

    Ketika anak tak bisa berenang, lebih baik kenakan safety jacket atau pelampung jaket saat masuk ke kolam. Jangan gunakan water wings atau sayap renang karena meskipun membuat anak bisa mengambang, tapi tak bisa menahan bagian tubuhnya. Hidung dan mulut anak tetap bisa kemasukan air dan membuat mereka tak bisa bernafas.

    Ajarkan membuka mata di dalam air

    Menggunakan kaca mata renang memang bisa membantu anak melihat di dalam air, tapi jangan sering memakainya. Sebaiknya, ajarkan anak untuk bisa membuka mata dan familiar di dalam air tanpa kaca mata renang.

    Jangan biarkan ketakutanmu menghalangi anak mengenal air

    Tak perlu panik. Orang dewasa sendiri bisa takut air, dan terkadang karena hal inilah anak juga jadi takut air. Jika memang Moms takut air, minta pelatih renang untuk mendampingi. Jadi, selagi kamu mengajari anak mengenal air, kamu juga belajar melawan ketakutanmu sendiri.

Takut air justru akan lebih parah efeknya jika terbawa hingga ia dewasa, karena bagaimana pun kemampuan berenang bisa jadi hal yang penting dalam hidup. Jadi, akan lebih baik jika mengenakan air pada anak sejak ia kecil ya Moms.  

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading