Sukses

Parenting

Mengajari Anak untuk Pandai Berkomunikasi, Ini Tipsnya

Mengenalkan komunikasi yang baik bagi anak sangat penting. Komunikasi yang baik akan membantu tumbuh kembang anak. Pengenalan bahasa dan penggunaannya akan membantu anak dalam berkomunikasi. Ketika komunikasi yang terjalin pada anak baik, maka akan membuat dia mudah untuk menyerap informasi yang ada. Untuk membiasakan kamunikasi yang baik, maka perlu latihan yang rutin.

Mom, berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk melatih komunikasi yang baik untuk si kecil.

    Selalu Ajak Mengobrol

    Meskipun dia belum memahami apa yang Mom katakan, tetap ajak dia mengobrol. Hal ini akan membantu dia untuk memahami cara berkomunikasi yang baik. Saat si kecil merespon dengan tertawa dan bergumam, anggap hal itu cara dia merespon apa yang Mom katakan.

    Ajak Bicara Sepanjang Hari

    Jika ada kesempatan untuk mengobrol bersama si kecil, usahakan untuk mengobrol sepanjang hari. Kebiasaan mengobrol akan direkam oleh anak. Perlu Mom ketahui, saat masih bayi anak lebih mudah merespon sekitarnya. Maka usahakan untuk mengajaknya bicara sepanjang hari.

    Kenalkan Kata yang Baru

    Membantu mengenalkan kata baru bagi si kecil akan membantu dia untuk belajar untuk berkomunikasi. Saat si kecil sudah mampu berkomunikasi maka kenalkan kata baru setidaknya satu kata baru setiap harinya. Jangan lupa untuk menjelaskan makna kata baru tersebut.

    Bacakan Cerita

    Pilih buku cerita yang ada ilustrasinya, sehingga si kecil lebih mudah membayangkan maksud cerita tersebut. Gambar yang menarik juga akan membantu si kecil untuk lebih tertarik. Bicara dengan intonasi yang tegas dan jelas. Hal ini penting agar si kecil lebih memahami apa yang ingin Mom sampaikan. Kebiasaan ini akan diikuti oleh si kecil.

Mom, demikian 4 cara melatih si kecil agar dapat berkomunikasi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mom. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading