Sukses

Parenting

Cara Mulai Mengajarkan Kedisiplinan Pada Anak Balita

Punya buah hati yang masih kecil bukan berarti tak bisa diajari disiplin. Justru sejak dini lah anak bisa mulai diajarkan aturan dan kedisiplinan, agar nanti saat besar ia bisa bersikap baik dan positif.

Namun kebanyakan orangtua muda kebingungan bagaimana cara yang tepat mengajarkan anak disiplin, mulai dari mana? Dikutip dari verywell.com, ini yang bisa kamu lakukan Mom.

    Secara Verbal

    Kamu bisa mengajarkan kedisiplinan secara verbal atau ucapan kepada anak. Katakan atau jelaskan pada anak tentang lingkungan dan benda-benda di sekitarnya seperti misalnya,

    • Crayon itu untuk mewarnai kertas, bukan dinding. Jika kamu ingin menggambar dan mewarnai, Ibu punya kertas yang bisa kamu gunakan.
    • Setelah bermain, mainan ditaruh kembali di tempatnya.
    • Melepas sendal, sepatu dan kaos kaki di luar rumah, di dalam hanya boleh diinjak kaki yang bersih. 
    • Dan lain sebagainya. Selalu pakai bahasa yang mudah dimengerti anak dan katakan tanpa nad ancaman atau marah-marah.

    Secara Fisik

    Ajaran secara fisik biasanya pengiring dari ajaran secara verbal. Terkadang kamu perlu mencontohkan tindakan kepada anak mana yang bisa dilakukannya. Misalnya,

    • Mencuci tangan setelah bermain,
    • Memegang tangan anak saat menaiki dan menuruni tangga sambil berkata "Hati-hati, perhatikan langkah." 
    • Mencontohkan anak saat mengelus binatang dengan lembut dan lain sebagainya.

    Agar aturan disiplin efektif

    Gunakan pujian untuk anak. Cara ini efektif memotivasi anak melakukan hal-hal baik. Selalu puji anak dengan kata-kata "Bagus", "Pintar" dan lain sebagainya untuk menunjukkan bahwa tindakannya benar. Jangan membentak atau menyerukan kata "Tidak" yang keras pada anak. Ini membuat anak takut.

    Ketika aturan disiplin tidak efektif

    Aturan untuk balita dengan anak usia TK bisa sangat berbeda. Anak butuh kedisiplinan lebih tegas, karena anak usia TK sudah mampu memahami bahasa lebih baik dan melihat contoh tindakan orang dewasa. Jadi, ubah aturan untuk anak yang lebih besar, menyesuaikan umurnya.

Itu yang bisa Moms lakukan jika ingin menerapkan kedisiplinan pada anak dari kecil. Mungkin kedengarannya susah, namun lebih sering sharing sesama ibu muda pasti akan lebih memudahkan. Yuk terapkan disiplin pada anak sejak dini.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading