Sukses

Parenting

Berapa Banyak Gula Sebaiknya Dikonsumsi Anak Setiap Harinya?

Berbicara mengenai anak-anak, kita semua tentu tahu bahwa anak-anak sangat menyukai makanan atau minuman yang manis. Sementara untuk makanan serta minuman manis ini, dipastikan bahwa keduanya memiliki kandungan gula di dalamnya. Pada dasarnya, gula tak hanya manis dan enak buat dikonsumsi setiap hari. Gula, juga merupakan salah satu sumber energi yang baik buat tubuh.

Tapi nih ya, meski gula adalah sumber energi dan kaya akan kalori di dalamnya, konsumsi gula berlebih setiap harinya justru sangat tidak baik buat kesehatan. Konsumsi gula berlebih bisa saja berisiko diabetes, obesitas hingga kanker. Konsumsi makanan manis juga rentan membuat gigi dan mulut kita mengalami masalah.

Tak hanya tidak baik buat orang dewasa, konsumsi gula berlebih bagi anak-anak juga sangat tidak baik. Bahkan, risikonya lebih besar dan lebih berbahaya. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa orang tua harus teliti dalam mengontrol konsumsi gula anak. Seperti yang dikutip di laman asiantown.net, para ahli menyebutkan bahwa anak-anak tak boleh konsumsi gula lebih dari 6 sdt setiap harinya.

Konsumsi gula berlebih tidak baik buat kesehatan anak | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Mengenai asupan gula ini, hal ini tidak hanya terdapat pada teh atau kopi saja. Asupan gula berlebih bahkan sangat memungkinkan ada di minuman ringan dan kaleng seperti halnya minuman bersoda, es cream, snack, kue dan roti juga pada puding. Juga, gula kerap kali ada di setiap makanan yang disukai anak-anak seperti halnya permen, manisan hingga cokelat. Jika anak-anak dibiarkan mengonsumsi makanan-makanan mengandung gula ini secara berlebih setiap hari, saat ia dewasa kelak ia sangat mungkin menderita berbagai risiko penyakit berbahaya.

Dr Miriam Vos, dari Emory University School of Medicine di Atlanta mengatakan bahwa idealnya anak konsumsi gula 2 sampai 3 sdt atau seberat 12 gram setiap harinya. Ini berlaku pada anak usia dua tahun ke atas. Sementara untuk anak di usia bawah dua tahun, disarankan agar orang tua tidak memberikannya makanan yang mengandung pemanis buatan. Kalau pun ingin memberikan makanan atau minuman manis, orang tua disarankan untuk memberikan anak makanan yang memang manis secara alami seperti halnya buah atau madu.

Dr Vos mengatakan, "Anak-anak perlu diberikan makanan yang sehat setiap harinya. Orang tua juga perlu memastikan anak tidak konsumsi gula berlebih. Ini tentu demi kesehatannya selanjutnya. Dalam sehari, idealnya anak tak konsumsi gula lebih dari 12 gram. Selain untuk mencegah risiko diabetes dan risiko sakit mematikan lainnya, ini juga mencegah anak mengalami obesitas di usianya yang masih sangat belia."

So Bunda, kalau ingin buah hati sehat selalu dan bebas dari berbagai masalah kesehatan saat ia dewasa kelak, pastikan agar buah hati tak konsumsi gula berlebih. Pastikan pula, bahwa buah hati yang masih balita tak konsumsi gula lebih dari 3 sdt atau 12 gram setiap hari. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita, sebagai orang tua semakin bijak dalam mengajak anak untuk menerapkan pola hidup sehat setiap harinya

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading