Sukses

Beauty

Bahaya, Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun Dari Aslinya

Banyak makan bukan hanya bisa membuatmu kelebihan berat badan hingga obesitas, jika kamu sudah mencapai status obesitas, risikonya bukan hanya berbagai penyakit yang serius, tapi juga menurunkan kemampuan otak.

Menurut sebuah penelitian, obesitas ternyata bisa membuat otak lebih tua 10 tahun dari usia aslinya, dibanding dengan mereka yang punya berat badan normal. Hal ini dipicu karena hilangnya beberapa jaringan otak yang menjalankan fungsi komunikasi, dan hal ini dikenal sebagai proses penuaan otak, menurut peneliti.

Namun yang mengejutkan, bukan hanya orangtua saja yang mengalami penuaan dan kemunduran fungsi otak, mereka yang punya kondisi tubuh obesitas juga mengalami hal yang sama.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging ini tidak mengatakan bahwa ada korelasi antara berat badan partisipan dan kemampuan kognitifnya, melainkan penelitian menunjukkan bukti bahwa berat badan punya pengaruh atau hubungan erat terhadap penuaan dini otak.

Para peneliti dari University of Cambridge coba melakukan perbandingan antara individu dengan berbagai variasi berat badan dan melakukan MRI untuk mengetahui aktivitas dan kondisi otak mereka. Partisipan berusia antara usia 20 tahun hingga 87 tahun.

Ketika dibedakan jadi dua kategori, ideal dan obesitas, peneliti menemukan perbedaan dalam aktivitas otak. Secara umum, hilangnya beberapa jaringan dalam otak karena obesitas kemungkinan disebabkan karena tekanan lemak di tubuh.

Hal ini seharusnya bisa membuat banyak orang sadar untuk menjaga berat badan ideal, bukan hanya agar terhindar dari penyakit, tapi juga mencegah penuaan dini pada otak.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading