Sukses

Beauty

Bahaya! Ternyata Kurang Minum Bisa Membuatmu Alami Obesitas

Kamu harus banyak minum jika ingin punya tubuh langsing dan berhasil diet. Minum banyak air putih adalah salah satu cara mudah mengurangi asupan kalori dan membantu pembakaran kalori serta pembersihan tubuh dari zat sisa dan racun.

Tak heran jika kemudian air putih menjadi bagian penting dalam kesehatan. Hal ini didukung pula oleh penemuan terbaru yang dilakukan oleh Dr. Tammy Chang, asisten profesor di University of Michigan Medical School.

Dalam studi yang dilakukan pada hampir 10 ribu orang dewasa ini menarik kesimpulan bahwa orang yang dehidrasi ternyata punya masa indeks tubuh (BMI) lebih besar dibanding mereka yang terhidrasi dengan baik karena minum cukup air.

Level dehidrasi partisipan dilihat dari seberapa banyak air seni yang mereka keluarkan dan seperti apa warnanya. Dari sekian banyak partisipan, orang yang minum cukup punya BMI sebesar 28, sedangkan yang dehidrasi memiliki BMI sebesar 29 hingga 30.

Selain itu, dalam penelitian ini juga dikatakan bahwa orang-orang yang kurang minum air punya kemungkinan 50% lebih tinggi mengalami obesitas dibanding dibanding mereka yang sering minum air putih dan jarang dehidrasi. Kemungkinannya tetap tinggi meski dilihat dari sisi usia, jenis kelamin dan kegiatan harian.

Connie Diekman dari Washington University mengatakan, dalam penelitian ini juga dikatakan jika kamu kurang minum maka kamu akan semakin gemuk, dan jika kamu diet dengan banyak minum air putih maka bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat, sehingga orang bisa memiliki berat badan lebih sehat.

Mungkin ini dipengaruhi oleh kebiasaan ngemil pada orang gemuk. Ketika tubuh sebenarnya merasa haus, mereka justru menanggapinya dengan cara makan lebih banyak. Pada akhirnya, mereka mengonsumsi kalori lebih banyak dibanding mereka yang minum lebih banyak.

Selain membuat perut kenyang lebih lama, air putih tak memiliki kalori. Sebaliknya, air membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak cadangan dan kalori dari makanan. Orang yang punya berat tubuh lebih besar seharusnya minum lebih banyak dibanding orang yang kurus, menurut para peneliti.

Jadi sekarang kamu tahu kan mengapa kadar dehidrasi seseorang punya hubungan yang erat dengan berat badannya? Jika ingin menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, maka air putih wajib diminum paling tidak 8 gelas per hari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading