Sukses

Parenting

5 Tips Mengedukasi Anak Kelola Uang 'Salam Tempel' Lebaran

Momen lebaran biasanya akan jadi momen yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya bisa menikmati berbagai macam kue lebaran, anak-anak pun bisa sangat semangat di hari lebaran karena bisa mendapat banyak uang "salam tempel" dari keluarga dan kerabat.

Tapi sebagai orang tua, kita perlu mengedukasi anak untuk mengelola uang yang mereka dapat. Bahkan momen seperti itu sangat tepat untuk mengajarkan soal konsep membelanjakan dan mengelola uang. Belajar mengelola uang seperti ini juga akan mengajarkan anak arti penting tanggung jawab dan mengatur prioritas.

Berikut ini lima tips mudah untuk membantu anak mengelola uangnya biar lebih terkendali.

    Beri Izin Anak untuk Menyimpan Uang yang Didapat

    Beri kepercayaan pada anak untuk menyimpan semua yang yang mereka dapat. Dengan begini, anak akan memiliki tanggung jawab pribadi. Selain itu, anak pun akan mulai memahami pentingnya mengendalikan diri.

    Bantu Anak Cara Membelanjakan Uang Itu

    Bimbing dan arahkan ia dalam membelanjakan uangnya. Bantu buatkan daftar kira-kira barang atau apa saja yang mau dibeli dengan uang yang dimiliki. Beri ia pemahaman bahwa tak semua barang bisa dibeli dengan uang yang dipunya. Ada batasan-batasan yang perlu diketahui agar anak tak boros dalam membelanjakan uangnya.

    Sisihkan Sebagian Uang untuk Ditabung

    Dari sekian banyak uang yang didapat, bantu anak untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Dengan cara ini, anak bisa lebih memahami konsep menabung dan tak berlebihan dalam membelanjakan uang. Anak juga akan terlatih dalam membuat prioritas dalam hidupnya.

    Kenalkan Soal Wirausaha

    Ingin mendidik anak agar lebih mandiri? Coba bantu ia mengalokasikan uangnya untuk berwirausaha kecil-kecilan. Misal, gunakan uang yang ada sebagai modal untuk jualan kue. Selain melatih anak jiwa kewirausahaan, anak pun bisa lebih mandiri dalam mengatur keuangannya nanti. Tapi tentu harus tetap dalam pengawasan orang tua.

    Berbagi dan Beramal Jangan Sampai Lupa

    Tanamkan jiwa sosial pada anak sejak dini. Bantu ia untuk menyisihkan sebagian uang untuk diamalkan atau disedekahkan. Dari sini, anak akan belajar berempati dan peduli pada sesama.

Nah, itulah lima tips sederhana membantu anak mengelola uang lebaran mereka jadi lebih bermanfaat. Semoga tips di atas bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading