Sukses

Parenting

Dalam Membesarkan Buah Hati, Sentuhan Ibu Sangat Dibutuhkan

Dalam hal mengurus buah hati, peran ibu sangat dibutuhkan. Ya, meskipun peran ayah juga tak kalah dibutuhkannya. Dengan keterlibatan kedua orang tua dalam mengasuh buah hati, berarti mereka khususnya yang berkebutuhan khusus bisa merasakan sentuhan kasih sayang dari ayah dan ibunya dengan sangat baik.

Indria Laksmi Gamayanti, M.Si seorang Psikolog menjelaskan bahwa salah satu tantangan utama yang terjadi dalam membesarkan anak-anak dengan kebutuhan khusus terletak pada ibu. Hal ini terjadi karena ibu itu sendiri yang berperan aktif dalam merawat anak terutama dalam membangun masa depan mereka.

"Anak pada umumnya butuh sentuhan ibu, sentuhan hati dan perhatian penuh. Mereka sangat membutuhkan itu semua. Khususnya untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus ya. Dari data yang ada, setidaknya sebanyak 6 juta anak di Indonesia mengalami kebutuhan khusus.," ucap Gamayanti saat ditemui Vemale dalam acara kampanye Nivea #SentuhanIbu di kawasan Kuningan Jakarta Selatan Kamis 2 Juni 2016.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain sentuhan ibu yang dibutuhkan anak, peran ayah juga sangat dibutuhkan. Ini demi menguatkan dan mendampingi ibu. "Kedekatan ayah dengan anak akan lebih memudahkan pertumbuhan juga perkembangan anak. Seharusnya, ayah membantu ibu dan selalu terlibat dalam pengasuhan anak. Keterlibatan ini bisa dilakukan dengan cara misalnya jalan-jalan sore bersama anak sehabis pulang kantor atau bermain bersama di hari libur sebagai quality time bersama keluarga." lanjut wanita yang juga menjadi Ketua Komunitas Kemuning Kembar.

"Pola asuh dengan baik dan benar salah satunya adalah memahami anak-anak dan melatih kemandirian mereka. Sayangnya, ini adalah dua hal yang kadang-kadang sering orang tua lupakan. Saking nggak teganya, mereka nggak mau anaknya melakukan apa-apa. Padahal anak ini harus dilatih menjadi anak yang mandiri dan diberdayakan dengan baik." ungkapnya.


"Untuk mendukung peran ibu yang sangat berarti untuk buah hatinya terutama yang berkebutuhan khusus, kami meluncurkan kampanye Nivea #SentuhanIbu untuk memberdayakan dan mendukung para ibu yang menghadapi tantangan khusus demi mengamankan prospek masa depan anak-anak mereka," tutup Holger Welters, yang merupakan President Director PT Beiersdorf Indonesia dalam kesempatan yang sama.

So Bunda, agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, sentuhan kasih sayang yang tulus dan perawatan yang maksimal sangat perlu dilakukan tak hanya oleh Anda sendiri tetapi juga dilakukan bersama-sama dengan suami dan semua anggota keluarga di rumah. Apapun dan bagaimana pun kondisi buah hati, mereka adalah titipan terindah Tuhan untuk kita semua. Untuk itu, tetap jaga dan rawat buah hati dengan tulus, senang hati dan sebaik mungkin ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading