Sukses

Parenting

Tips Mudah Agar Anak Tak Suka Ngompol

Anak yang masih suka ngompol tentu akan membuat orang tua sedikit kerepotan. Bunda pasti akan kerepotan dengan bau pesing akibat ompol buah hati. Belum lagi kewajiban untuk menjemur kasur akibat terkena ompolan si balita, tentu ini akan menjadi hal yang cukup mengganggu.

Memang sedikit susah untuk mengajari balita untuk disiplin soal buang air kecil di malam hari. Namun bunda bisa mencoba memulainya agar si kecil juga terbiasa dan tak ngompol lagi. Berikut ini Vemale akan coba hadirkan beberapa tips jitu agar si kecil tak suka ngompol lagi.

  • Yang pertama adalah hindari memberi anak minuman apapun 1 jam sebelum ia tidur. Supaya dia tidak kekurangan cairan, pastikan dalam sehari dia sudah mendapatkan cukup minum agar tidak dehidrasi. Air atau banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh adalah pemicu utama anak ngompol.
  • Selanjutnya bunda harus melatih si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur, bisa juga disertai dengan sikat gigi sebelum tidur. Selalu jadikan ini sebagai rutinitas agar anak semakin terbiasa.
  • Kadang anak kecil takut dengan kondisi gelap menuju toilet. Jika ini masalahnya bunda harus menyalakan penerangan di sepanjang kamar mandi. Buatlah toilet menjadi tempat yang nyaman, bersih dan wangi agar si kecil tak ogah-ogahan saat akan buang air kecil.
  • Anak kecil biasanya malas pergi ke toilet karena takut dengan cerita hantu dan cerita seram lainnya. Ini seringkali membuatnya lebih memilih dimarahi karena mengompol dibanding bertemu hantu saat akan ke toilet. Sebisa mungkin pastikan dia tak mendapat cerita seram.


Itu tadi beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar si kecil tak mengompol lagi. Biasakan selalu dan lakukan secara rutin. Hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja si kecil tak akan ngompol dan lebih disiplin soal buang air. Semoga bermanfaat ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading