Sukses

Beauty

10 Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Tahu Dan Waspadai

Jerawat merupakan masalah kulit yang sudah tidak asing lagi semua orang. Tidak hanya cewek, cowok pun juga sering kali mengalami masalah jerawat. Kalau sudah mengalami jerawat, rasa percaya diri pun akan berkurang, muncul perasaan malu hingga kecewa serta marah. Padahal nih ya, kalau kamu mengalami jerawat dan marah-marah serta kecewa juga memikirkannya terlalu serius, jerawat itu tidak lantas sembuh melainkan bisa saja akan semakin parah.

Dikutip dari laman medicalnewstoday.com, salah satu penyebab kemunculan jerawat adalah stres berat. Ketika seseorang stres berat, hal ini memungkinkan orang tersebut mengalami perubahan hormon di tubuh. Perubahan hormon inilah yang akhirnya akan menyebabkan kemunculan jerawat. Oh iya, asal kita tahu, jerawat tidak hanya muncul di wajah saja lho. Lebih jauh, jerawat juga bisa muncul di kulit kepala, di punggung, di leher atau bahkan dada. Penyebab jerawat ini juga sangat  banyak. Mmm, kira-kira, apa sih yang menjadi penyebab jerawat?

Berikut beberapa penyebab jerawat yang perlu kamu tahu dan waspadai:

  1. Faktor keturunan atau genetik. Ketika memiliki orang tua yang menderita jerawat parah, hal ini bisa menurun ke kamu atau anak cucu kamu.
  2. Adanya aktivitas peningkatan atau penurunan hormon. Biasanya, hal ini lebih sering terjadi pada cewek. Khususnya, saat para cewek sedang datang bulan atau menstruasi. 
  3. Konsumsi pil KB (Keluarga Berencana). Tidak jarang, peningkatan pertumbuhan jerawat juga disebabkan oleh efek samping dari konsumsi pil KB. 
  4. Adanya penumpukan darah kotor dalam tubuh. Penumpukan darah kotor bisa terjadi karena menderita penyakit tertentu atau karena siklus menstruasi yang tidak teratur. 
  5. Terlalu banyak konsumsi cokelat. Bagi beberapa orang, konsumsi cokelat yang berlebih akan rentan menyebabkan tumbuhnya jerawat di tubuh. Walaupun cokelat sebenarnya adalah makanan yang sehat dan baik bagi tubuh, saat ia dikonsumsi secara berlebih hal ini justru akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. 
  6. Jerawat muncul karena pengaruh usia. Biasanya, mereka yang mengalami masalah jerawat adalah remaja. Tapi, tidak jarang jerawat juga diderita oleh mereka yang berusia di antara 15 tahun sampai 30 tahun. 
  7. Adanya penyumbatan pori-pori. Ketika kamu nggak mau membersihkan kulit wajah atau kulit tubuh lain dengan baik, hal ini akan memungkinkan kulit menjadi kotor, kusam dan pori-porinya tertutup. Ketika pori-pori tersebut tertutup, hal ini memungkinkan tumbuhnya jerawat lebih mudah atau masalah kulit lainnya. 
  8. Konsumsi air putih yang kurang. Beberapa study menyebutkan jika konsumsi air putih yang kurang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan serta kecantikan. Dan salah satu masalah tersebut adalah tumbuhnya jerawat. 
  9. Konsumsi sayur dan buah yang kurang. Selain konsumsi air putih yang kurang, penyebab tumbuhnya jerawat juga disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah. Padahal, nutrisi yang terkandung di sayur dan buah ini adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Nutrisi ini juga bisa mencegah tumbuhnya jerawat. 
  10. Penggunaan kosmetik yang berlebihan. Suka pakai kosmetik berlebihan dan jarang mau membersihkannya? Jika iya, jangan heran jika ada banyak jerawat yang tumbuh di wajah atau kulit lainnya. Selama ini, kosmetik menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat di tubuh. Kandungan zat kimia yang terkandung di dalam kosmetik dikatakan bisa memicu pertumbuhan jerawat dengan mudah dan cepat.

Ladies, itulah sedikitnya sepuluh penyebab dari tumbuhnya di jerawat di wajah atau di tubuh lainnya. Selain sepuluh hal di atas, hal lain yang juga dipercaya menjadi penyebab tumbuhnya jerawat adalah kurangnya asupan vitamin A dan C pada tubuh, kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, terlalu banyak konsumsi makanan manis, terlalu sering berada di bawah paparan sinar matahari langsung, alergi terhadap makanan tertentu, terlalu sering menyentuh jerawat padahal tangan sedang kotor dan polusi udara.

So, jika kamu tak ingin jerawat tumbuh di tubuh, pastikan untuk menjaga pola hidup sehat dan hindari segala hal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat ya? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading