Sukses

Parenting

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Single Mom Jika Punya Anak Laki-Laki

Tak mudah memang menghadapi setiap masalah dalam rumah tangga, apalagi ketika kamu harus membuat keputusan berat untuk bercerai dari suami. Ditambah lagi kamu punya anak laki-laki yang masih kecil atau sedang mengandung anak.

Menjalani kehidupan single parent adalah tantangan untuk setiap wanita, apalagi ketika kamu punya anak laki-laki yang masih kecil. Sekian hal inilah yang perlu kamu lakukan untuk membesarkan si kecil.

    Bicarakan tentang ayahnya

    Suatu ketika mereka pasti akan menanyakan tentang ayahnya, dan tak semua ibu bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Kamu perlu menjelaskan dengan cara yang mudah ia mengerti namun tak menutupi kenyataan yang ada. Kamu perlu mengatakan sesuatu yang positif namun jujur, seiring bertambahnya usia, jelaskan sesuai kemampuannya dalam memahami sesuatu.

    Ajari ia menggunakan toilet

    Saat menggunakan kamar mandi, pria dan wanita itu berbeda. Biasakan anak untuk buang air kecil seperti layaknya laki-laki. Saat pergi ke tempat umum seperti mall, antar ia ke toilet pria dan mengapa ibunya tak harus ikut masuk ke dalam.

    Ingat bahwa ia bukan jadi kepala keluarga

    Seringkali ibu akan menjadikan anak laki-lakinya sebagai pengganti ayah dalam hal finansial. Seharusnya ia tidak bertanggung jawab untuk membantu menjadi kepala rumah tangga, apalagi hingga membuat mereka bekerja sejak kecil.

    Berikan ia role model yang baik menjadi laki-laki

    Minta pamannya atau kakeknya memberikan contoh sebagai laki-laki, dan apa yang mungkin tak bisa kamu lakukan sebagai wanita dalam memberikan contoh. Ia perlu familiar dengan kegiatan olahraga dan kegiatan yang bersifat maskulin lainnya.

    Tunjukkan bagaimana ibunya adalah wanita yang kuat

    Kamu perlu memberikan gambaran bahwa wanita bukan makhluk yang lemah, apalagi ketika kamu harus membesarkan anakmu sendiri. Berikan ia pemahaman bahwa wanita bisa sebaik pria dan perlunya ia menghormati wanita.

    Terbiasalah dengan semua "hal-hal berbau laki-laki"

    Karena ia terlahir berbeda jenis kelamin, kamu pun harus membiasakan ada banyak "boy stuff" di rumah. Nonton Superman, Batman, playstation, sepak bola dan lain sebagainya. Kamu pasti tak ingin anak laki-lakimu main boneka tau Barbie di rumah kan?

Membesarkan anak laki-laki sebagai single parent pasti punya ups and downs tersendiri. Pastikan ia tak kehilangan kasih sayang yang ia butuhkan dan peran orangtua yang lengkap meski berbeda dengan anak-anak lainnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading