Sukses

Parenting

7 Cara Menghindarkan Anak-Anak Ketergantungan Main Gadget

Zaman sekarang, semua orang sudah mengikuti perkembangan teknologi dan hampir semuanya memiliki smartphone atau gadget. Bukan hanya orang dewasa saja yang memilikinya, orang tua yang punya harta berlebih seringkali sudah membelikan gadget canggih untuk anak-anak mereka.

Sisi buruknya, anak jadi ketergantungan main gadget dan lupa dengan hubungan sosial yang perlu di bangun pada masa kanak-kanak. Nah, untuk mencegah anak mengalami ketergantungan gadget, ada baiknya Bunda mulai perhatian dan melakukan tips ini di rumah ya.

    Ketahui alasan mereka menyukai gadget

    Pertama, tanya apa alasan mereka suka dengan gadget. Jangan jadi salah satu orangtua yang mendukung penggunaan gadget dengan alasan tak bisa memberikan perhatian yang cukup untuk anak. Secara perlahan, ini juga jadi cara anak untuk lari dari realita dan tak bisa menghadapi kehidupan sosial dengan baik nantinya.

    Dorong anak-anak melakukan aktivitas outdoor

    Minta anak-anak bermain di luar rumah, bersama teman-temannya atau anak-anak lainnya. Bermain atau melakukan kegiatan outdoor akan membangun kebugaran mental dan fisik anak, terutama jika mereka bermain dalam kelompok.

    Batasi waktu main gadget

    Untuk anak yang lebih besar, mereka mungkin membutuhkan gadget untuk mendukung pendidikan mereka seperti misalnya mencari bahan untuk tugas sekolah. Beri waktu untuk hal itu, namun batasi. Anak perlu diberi batasan spesifik berapa lama ia bisa memegang gadget dan diajari disiplin menggunakan barang yang belum seharusnya dimiliki.

    Sediakan permainan fisik

    Permainan fisik yang dimaksud di sini adalah permainan yang menuntut mereka bermain secara fisik seperti lompat tali, main boneka, masak-masakan, robot-robotan, menggambar, mewarnai dan lain sebagainya yang membuat mereka aktif secara fisik dan lepas dari gadget.

    Kembangkan hobi anak

    Akan lebih baik jika anak menunjukkan ketertarikan pada suatu bidang. Hal ini bisa dijadikan hobi yang menjauhkan anak dari gadget. Anak akan lebih antusias dengan menekuni hobinya daripada menghabiskan waktu dengan gadget. Dukung dan fasilitasi anak untuk melakukan hobinya.

    Ajarkan keterampilan

    Ada banyak keterampilan seni atau olahraga yang bisa membantu fisik motorik dan kognitif anak sehingga anak lebih kreatif dan punya hubungan sosial yang baik. Ajak anak untuk membuat barang-barang DIY, atau berlatih berenang, les musik dan lain sebagainya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya.

    Ajak piknik atau berlibur ke alam

    Sesekali ajak anak untuk lebih dekat dengan alam. menyadari bahwa dunia ini sangat indah, dan ada banyak hal yang bisa di-eksplor selain berkutat dengan gadget. Biarkan anak-anak menikmati waktunya bermain di alam dan menemukan banyak hal yang belum pernah ia alami.

Ada banyak alternatif permainan dan kegiatan yang jauh lebih seru dibanding hanya memandang layar gadget di luar sana. Bukannya tidak boleh mengenal teknologi dengan lebih dekat, namun alangkah baiknya jika waktu yang dihabiskan anak dengan gadget tidak lantas merusak interaksinya dengan teman-teman dan merenggut waktu bermainnya bersama anak-anak lain.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading