Sukses

Parenting

Ompol Si Kecil Bau dan Meninggalkan Bekas di Sprei? Tips Ini Akan Membantu Anda

Beberapa anak tidak mengalami masalah dengan buang air kecil dan pergi ke toilet sendiri setelah memasuki 3 atau 4 tahun. Tapi, ada juga anak yang tetap merasa kesulitan untuk menahan buang air kecil dan ngompol, walau telah dilatih untuk pergi ke toilet sendiri ketika merasakan kebutuhannya untuk kencing.

Meski cukup merepotkan, kita tentu tidak bisa memarahi si kecil karena ia masih kesulitan mengetahui kebutuhannya sendiri untuk pergi ke toilet agar tak ngompol ya, Bunda. Sebab, memarahi si kecil yang ngompol di luar keinginannya ini justru akan membuatnya merasakan trauma untuk pergi ke toilet dan pada akhirnya menolak untuk pergi ke toilet. Jika si kecil sudah trauma dengan toilet, masalah ngompolnya ini tentu tidak akan dengan mudah diselesaikan.

Oleh sebab itu, kita perlu bersabar dan telaten dalam melatih si kecil untuk pergi ke toilet secara mandiri saat ia merasa kebelet, terutama saat malam hari. Tapi, bagaimana dengan bekas dan bau ompol yang menempel di seprai dan kasur si kecil?

Sisa ompol dan bau yang menempel pada seprai dan kasur memang memberikan PR tersendiri bagi kita sebagai orangtuanya. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, susah sekali mengeringkan sisa ompol di bawah sinar matahari.. dan bau pesingnya itu.. (ewh!)

Eits, tenang! Seperti disebutkan dalam laman tipnut.com, noda bekas ompol bisa Anda atasi dengan menggunakan campuran cuka dan detergen cair. Celupkan sponge pembersih ke dalam campuran ini dan oleskan di atas noda ompol, diamkan 30 menit. Setelah itu, ambil sponge yang telah dibasahi dan gosok area noda ompol yang telah diberi campuran cuka dan detergen cair tadi. Bersihkan sisa sabun dengan tisu basah, lalu Anda bisa mengeringkannya dengan hair dryer.

Sementara itu, untuk menghilangkan aroma pesing pada noda bekas ompol, Anda bisa melakukan tips berikut ini.

  • Gunakan tepung kanji atau tepung jagung di atas noda ompol yang telah dibersihkan, diamkan beberapa jam (± 3 - 4 jam), then vacuum up.

 

  • Jika tak ada persediaan tepung kanji atau tepung jagung di rumah, Anda juga bisa menggunakan soda kue di atas noda ompol yang telah dibersihkan diamkan selama 24 jam, vacuum up.

 

  • Selain tepung kanji, tepung jagung, dan soda kue, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi memiliki manfaat untuk menyerap bau tak sedap, termasuk ompol. Letakkan bubuk kopi di atas sumber bau, diamkan sampai bau pesing terserap bubuk kopi, vacuum up.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda dan mengusir bau pesing bekas ompol. Sambil menggunakan tips ini, Anda juga harus tetap melatih si kecil merasakan keinginan untuk buang air kecil dan pergi ke toilet sendiri. Anda juga bisa membiasakan si kecil untuk terlebih dulu buang air kecil sebelum tidur untuk menghindari ngompol pada malam hari.

Hal yang harus Anda perhatikan saat si kecil masih mengompol adalah, jangan memaksanya untuk langsung terbiasa untuk pergi ke toilet saat ingin buang air kecil. Anda juga tidak bisa menggunakan kekurangannya karena masih ngompol ini untuk meledeknya, dengan alasan apapun. Anak-anak memiliki jiwa yang masih sangat rapuh, jika sedikit saja kita mengeluarkan kata-kata yang merampas rasa percaya dirinya, selamanya hal ini akan melekat diingatannya. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading