Sukses

Parenting

5 Makanan Sehat Untuk Buah Hati Sebelum Usia 1 Tahun


Ketika bunda memiliki buah hati yang masih bayi, apalagi jika ia belum sampai berusia 1 tahun, tentu bunda ingin selalu memberikan yang terbaik padanya. Bunda juga ingin agar buah hati mulai belajar makan selain ASI (Air Susu Ibu) atau bubur saja. Dengan makan berbagai makanan yang bergizi dan bernutrisi baik, diharapkan buah hati bisa tumbuh dan berkembang lebih baik pula.

Mmm, kira-kira sebelum buah hati memasuki usia 1 tahun. Makanan apa saja sih yang baik dan sehat untuknya? Seperti dikutip dari laman parents.com, sedikitnya ada 5 makanan sehat dan baik untuk menunjang tumbuh kembang anak di bawah usia 1 tahun. Dan berikut adalah makanan tersebut Ladies. Jangan lupa untuk memasak dan membuatnya untuk si kecil di rumah ya...

    Buah Berry

    Buah berry memang memiliki rasa yang cukup asam. Namun jangan salah, buah ini ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang buah hati. Vitamin yang terkandung di dalam buah berry dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Salah satu buah berry yang baik untuk kesehatan bayi adalah buah strawberry. Jika bunda ingin memberikan buah ini pada buah hati, haluskan buah dengan blender lalu berikan sedikit demi sedikit padanya. Tapi ingat, beri sedikit saja karena jika kebanyakan, sistem pencernaan buah hati bisa saja terganggu. Agar rasa buah ini tidak terlalu asam, berikan bersama madu atau susu.

    Ikan Salmon

    Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang punya rasa lezat, tekstur lembut dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Mengingat begitu banyak nutrisi yang terkandung di dalam ikan salmon, tidak heran jika ikan satu ini sangat baik jika diberikan kepada buah hati usia di bawah 1 tahun. Untuk memberikan ikan salmon pada buah hati, bunda bisa merebus ikan salmon atau memanggang dan menggorengnya. Tapi ingat, pastikan bahwa ikan salmon tetap lembek dan tidak keras agar buah hati bisa menelannya dengan baik.

    Kacang

    Inilah makanan selanjutnya yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan buah hati yang masih bayi. Kacang merupakan makanan nabati yang kaya akan protein dan lemak sehat. Selain itu, kacang juga mengandung beberapa nutrisi lain yang menyehatkan bayi. Kacang bisa diberikan pada bayi berupa selai. Hal ini untuk memudahkan bayi menelan kacang yang bunda berikan padanya. Saat memberikan kacang pada bayi, pastikan bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap kacang.

    Sayur Bayam

    Sayur bayam menjadi salah satu makanan yang juga dipercaya sangat baik untuk bayi di bawah usia satu tahun. Jika dibandingkan sayur lain, sayur bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki tekstur lembut dan bisa dicerna dengan baik. Sayur bayam juga kaya akan kalsium yang membantu bayi memiliki tulang lebih kuat. Bunda bisa memberikan sayur bayam kepada buah hati dengan cara memasaknya menjadi sayur bening atau memasaknya bersama bubur nasi.

    Daging

    Siapa yang suka daging. Bisa dipastikan, semua orang suka dengan daging. Mengingat bahwa daging adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi, tidak heran jika daging juga sangat disarankan untuk diberikan pada buah hati bunda yang masih bayi. Memang, bayi belum memiliki gigi untuk mengunyah daging. Tapi bunda jangan khawatir, bunda bisa mengolah daging menjadi makanan lembut untuk bayi. Misalnya saja, mengolah daging sebagai bakso, kornet atau sosis.


Itulah sedikitnya 5 makanan sehat untuk buah hati di bawah usia 1 tahun. Selain makanan di atas, makanan sehat lainnya adalah bawang, telur, susu, keju, buah-buahan (haluskan), labu, gandum atau olahannya, kubis, wortel, kentang, ikan laut dan sejenisnya. So, gimana nih bunda, sudahkah buah hati bunda di rumah diajarkan untuk makan makanan lain selain ASI dan bubur?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading