Sukses

Parenting

Agar Nafsu Makan Buah Hati Lebih Baik, Begini Caranya Bunda

Bagi bunda yang memiliki buah hati dan masih balita di rumah, tentunya bunda akan sangat disibukkan dengan aktivitas merawat dan menjaga buah hati. Perlu kita tahu, merawat dan menjaga buah hati yang masih balita bisa dibilang gampang-gampang susah. Meski begitu, merawat buah hati yang masih balita akan menjadi sangat susah dan menjengkelkan ketika si buah hati tak mau makan atau pilih-pilih makanan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentu buah hati akan kekurangan gizi dan nutrisi.

Untuk itu, setiap orang tua khususnya bunda harus pandai-pandai merawat dan memastikan agar buah hati mau makan dengan baik. Dan agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik, dilansir dari laman parents.com, sedikitnya ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan di rumah. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya.

    Buat Jadwal Makan

    Pastikan untuk membuat jadwal makan untuk buah hati. Menurut beberapa ahli gizi, anak-anak membutuhkan makan setidaknya 3 sampai 4 jam sekali. Entah itu makan nasi, bubur atau sekedar makanan ringan dan minum. Jadi, usahakan agar buah hati makan dalam waktu yang teratur dan terjadwal. Buat jadwal harian jam berapa anak makan nasi, makan makanan ringan dan minum susu (ASI). Ketika buah hati memiliki waktu makan yang teratur, nafsu makannya bisa bertambah dan pola makannya pun berjalan dengan baik.

    Ganti Menu Makan Buah Hati

    Agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik. Usahakan untuk memberinya menu makanan yang beragam dan selalu ganti setiap harinya. Jika bunda memberikan makanan yang sama setiap hari pada buah hati, hal ini justru akan membuat buah hati bosan dan tak suka makan. Selalu ganti menu makanan buah hati dan cukupi nutrisi yang diperlukan tubuhnya dengan baik.

    Makan Makanan Yang Dimakan Buah Hati

    Jika bunda ingin buah hati makan makanan tertentu, pastikan bahwa bunda dan semua anggota keluarga juga makan makanan tersebut. Misalnya saja, jika bunda ingin buah hati makan pisang atau sayur bayam, anggota keluarga juga perlu makan makanan tersebut. Beri contoh buah hati agar ia makan makanan yang baik dan disukai oleh keluarganya.

    Buat Suasana Makan Yang Menyenangkan

    Usahakan agar aktivitas makan adalah aktivitas yang menyenangkan. Dengan cara ini, dipastikan nafsu makan buah hati akan meningkat dan menjadi lebih baik. Bunda bisa mengajak buah hati makan sambil bermain atau duduk-duduk di teras rumah sambil melihat orang lewat. Saat buah hati senang dan nyaman, aktivitas makannya pun akan semakin menyenangkan dan nyaman.

    Ajak Buah Hati Memasak Dan Memilih Makanannya Sendiri

    Satu lagi cara agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik adalah ajak buah hati memasak atau memilih makanannya sendiri. Dengan melibatkan buah hati dalam aktivitas memasak atau memilih makanannya sendiri, hal ini akan meningkatkan nafsu makan. Tapi ingat bunda, saat mengajak buah hati memasak atau memilih makanannya sendiri, pastikan bahwa aktivitas tersebut aman baginya.


Itulah cara agar nafsu makan buah hati menjadi lebih baik. Selain cara di atas, cara lain yang juga bisa dilakukan adalah memberikan taburan gula di atas makanan buah hati agar rasa makanan lebih manis dan disukainya, perkenalkan makanan baru secara perlahan dan pelan-pelan, jangan marahi buah hati saat ia tak mau makan, atasi dengan perasaan sabar saat buah hati tak mau makan dan pastikan bahwa makanan yang bunda berikan padanya memiliki rasa yang enak.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika buah hati bunda susah makan, jangan putus asa untuk membuat mereka kembali memiliki nafsu makan yang baik ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading