Sukses

Parenting

Ini Dia Tips Mempersiapkan Calon Kakak Menyambut Kelahiran Adik Bayinya

Setelah penantian panjang, akhirnya kabar bahagia itu datang juga! Kehamilan kedua yang tak kalah dinanti-nanti. Wah, bakal banyak perubahan yang terjadi nih. Termasuk mempersiapkan anak pertama menghadapi kehadiran adik mungilnya.

Seringkali anak sulung merasa cemburu dengan kehadiran adik bayinya. Wajar, karena selama beberapa saat seluruh perhatian tercurah padanya. Kini ia harus perhatian orang tua dan keluarga tak lagi berfokus padanya, namun harus terbagi pada sang adik.

Mom, sejak mengetahui kehamilan kedua Anda, tak ada salahnya melibatkan sang kakak lho. Sang kakak harus dilatih untuk terbiasa dengan kehadiran adiknya, bahkan saat sang adik masih dalam kandungan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

    Libatkan Sang Kakak Sejak Mengetahui Kabar Kehamilan

    Ajak sang kakak untuk memahami bahwa sebentar lagi ia memiliki seorang adik. Posisikan kakak sebagai pelindung yang juga memiliki peranan bagi kehidupan adiknya. Anda bisa mengajaknya saat periksa ke dokter kandungan, mengelus perut dan berbicara dengan adik, menunjukkan hasil USG bahkan berbelanja kebutuhan bayi.

    Mengajari Anak Agar Mandiri

    Dengan kelahiran sang adik, otomatis sang kakak harus bisa mandiri. Anda bisa mengajarinya pelan-pelan, misalnya dengan belajar makan sendiri, belajar ke toilet sendiri atau membantu ibu melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil, seperti merapikan mainan. Hal ini akan memberikan rasa tanggung jawab bagi sang kakak dan juga akan membuat tugas orang tua akan lebih ringan saat sang adik lahir kelak.

    Membiasakannya Dengan Kehadiran Sang Adik

    Meskipun sang adik belum lahir, Anda dapat melatihnya dengan cara membiasakan kehadiran bayi di kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mengajak melihat bayi lain, mengajaknya berkhayal jika nanti sang adik lahir ia akan memiliki teman bermain yang lucu, memberikan kesempatan untuk memberikan sebutan sayang untuk sang adik yang ada dalam kandungan dan sebagainya. Hal ini akan membuatnya terbiasa sehingga saat sang adik lahir, ia tak lagi kaget.

Nah, itu dia cara-cara yang dapat Mom lakukan untuk mempersiapkan sang Kakak menghadapi kelahiran adik kecilnya. Anda juga dapat mengajak sang Kakak untuk membuat photo session lucu yang bertema pengumuman bahwa ia akan memiliki seorang adik lho. Yuk intip contoh foto-fotonya di galeri foto berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading