Sukses

Parenting

Cara Jitu Nan Cerdas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Orang tua manapun tentu ingin memiliki buah hati yang pintar dan cerdas. Untuk itu, sebagai orang tua tentu perlu memberikan motivasi kuat untuk buah hati agar ia menjadi seorang anak yang rajin belajar, mau mendengar nasehat orang tua dan guru dengan baik serta memahami apa yang diajarkan padanya. Sebenarnya, setiap anak telah dikaruniai kecerdasan masing-masing yang tak sama antara satu dengan yang lainnya. Ada beberapa anak yang cerdas di setiap mata pelajaran, ada yang cerdas di mata pelajaran tertentu atau yang cerdas dalam bidang lain seperti bidang seni dan musik. Sebagai orang tua, kita hanya perlu memberi dukungan penuh padanya agar bisa terus mengasah kemampuannya. Walau begitu, sebagai orang tua kita juga harus memberikan motivasi yang kuat pada anak agar ia semakin rajin belajar. Saat anak semakin rajin belajar, ia tak hanya bisa menguasai bidang yang ia sukai saja, tetapi ia juga berpotensi menguasai semua bidang. Dan untuk meningkatkan motivasi belajar, ada beberapa cara jitu nan cerdas yang bisa kita lakukan. Cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

 

Ajak Anak Belajar Bersama

Sebagai orang tua, jangan pernah bosan untuk mengajak anak belajar bersama. Sesibuk apapun kita, usahakan untuk tetap mengajak anak belajar bersama. Ajaklah anak untuk menyelesaikan tugas rumah yang diberikan guru dari sekolah bersama-sama. Selain membuat anak semakin sayang terhadap orang tua, cara ini juga membuat anak semakin semangat untuk belajar. Saat belajar ini, jangan sungkan untuk memberikan pujian pada anak bahwa ia adalah anak yang cerdas dan rajin. Pujian bisa membuat anak semakin termotivasi dan percaya diri.

Terapkan Cara Belajar Yang Menyenangkan

Agar anak tidak bosan belajar, terapkan cara belajar yang menyenangkan. Dengan cara belajar yang menyenangkan, anak akan semakin percaya diri dan semangat dalam belajar. Ajari anak dengan kesabaran penuh. Hindari membentak anak ataupun memarahi anak saat belajar. Membentak dan memarahi anak saat belajar justru akan membuatnya semakin benci belajar dan tertekan. Jika ayah atau bunda tak bisa mengajari anak sendiri dengan konsep yang menyenangkan, jangan ragu untuk mengundang guru privat untuk anak.

Jelaskan Manfaat Belajar

Beri pengertian dan jelaskan pada anak bahwa belajar sangat bermanfaat. Dengan belajar, anak bisa menjadi seorang yang cerdas dan disukai oleh banyak orang. Nasehati dengan sabar dan beri penjelasan yang mudah dipahami anak bahwa belajar merupakan aktivitas yang menyenangkan, sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan anak kelak.

Terapkan Jam Disiplin Untuk Belajar

Agar belajar menjadi aktivitas rutin dan kebiasaan baik bagi anak. Orang tua perlu menerapkan jam disiplin untuk belajar. Usahakan untuk mengajak anak belajar setidaknya 1 sampai 2 jam setiap hari. Hentikan segala aktivitas yang bisa mengganggu belajarnya baik menonton TV, main gadget atau hal lain dan suruh anak untuk belajar. Jika anak telah memiliki jam disiplin untuk belajar, lambat laun hal ini akan menjadi kebiasaan untuknya. Gimana bunda, sudahkah buah hati di rumah memiliki jam disiplin belajar?

Jadilah / Berilah Anak Contoh Yang Baik

Agar anak termotivasi untuk belajar, jadilah atau berilah contoh yang baik padanya. Bunda bisa mencontohkan kebaikan dari seseorang yang telah menemui kesuksesan karena rajin belajar. Saat anak belajar, orang tua juga tak boleh melakukan aktivitas santai atau senang-senang. Hormati waktu belajar anak dengan membaca buku atau melakukan aktivitas bermanfaat lain.

 

Bunda, itulah cara meningkatkan motivasi belajar anak. Selain cara di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah memberi hadiah pada anak ketika ia berhasil mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, buatkan makanan atau minuman kesukaan anak saat ia belajar dan berikan jeda belajar untuk anak agar ia tidak bosan. Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Jika bunda punya cara lain untuk meningkatkan motivasi belajar anak, jangan lupa share di kolom komentar ya... ^__^

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading