Sukses

Beauty

Semakin Sedih, Anda Semakin Sulit Mengenali Warna

Mungkin karena ada hubungannya dengan otak, maka depresi dapat mempengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah mempengaruhi cara Anda dalam melihat warna, seperti yang dilansir oleh Cosmopolitan.com.

Menurut salah satu peneliti, Christopher Thorstenson dari University of Rochester, perasaan sedih dapat mengganggu proses dasar penglihatan yang berhubungan dengan mempersepsikan warna. Ia juga mengungkapkan, para peneliti berpendapat bahwa frase "I'm feeling blue" (kiasan yang dalam bahasa Indonesia: saya merasa sedih) benar-benar memiliki makna dalam hubungan mengenali warna dan apa yang Anda rasakan. Karena itu mereka ingin mendalami hal ini.

Pada penelitian pertama, mereka menunjukkan video sedih atau komedi kepada 127 partisipan. Selanjutnya, mereka menunjukkan 48 potongan warna berurutan, dan meminta para partisipan untuk menyebutkan potongan warna tersebut apakah merah, hijau, kuning, atau biru. Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang menonton video sedih cenderung kurang bisa mengenali warna biru dan kuning, dibanding dengan orang yang menonton film komedi. Menariknya lagi, semua partisipan dapat mengenali warna merah dan hijau dengan baik.

Penelitian kedua, mereka menguji 130 partisipan dengan menunjukkan video sedih atau screensaver netral. Sama seperti penelitian pertama, pada penelitian ini juga ditunjukkan bahwa orang yang menonton video sedih lebih sulit mengenali warna kuning dan biru, dibanding dengan orang yang melihat screensaver netral.

Para peneliti pun menghubungkan hasil penelitian ini dengan hasil penelitian sebelumnya. Yaitu bahwa ada hubungan antara kemampuan untuk mengenali warna kuning dan biru dengan neurotransmitter dopamin. Neurotransmitter dopamin bertugas membantu mengatur gerakan dan respon emosional.

Meski hasil ini sangat menarik, namun para peneliti merasa bahwa mereka masih harus mengembangkannya lagi. Jadi, jika sebelumnya Anda tidak menyadari ini, mungkin kini Anda bisa memperhatikan apakah benar saat sedih Anda susah mengenali warna kuning dan biru, Ladies?

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading