Sukses

Parenting

Menyusui Juga Memberikan Banyak Manfaat Bagi Sang Ibu

Menyusui adalah hal yang berharga bagi Anda serta bayi Anda. Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi anak Anda namun juga diri Anda.

Seperti yang dilansir oleh healthychildren.org, banyak ibu yang merasa lebih terhubung secara emosional saat mereka menyusui. Perasaan ini ditambah dengan pelepasan hormon seperti prolaktin yang menghasilkan rasa damai, memelihara sensasi yang memungkinkan Anda untuk bersantai dan fokus pada anak Anda, dan oksitosin yang mempromosikan rasa yang kuat dari cinta dan keterikatan antara Anda dan anak. Perasaan menyenangkan ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa begitu banyak wanita yang telah menyusui anak pertama mereka memilih untuk menyusui anak-anak berikutnya.

Selain kepuasan emosional, menyusui memberikan manfaat kesehatan bagi ibu Ibu yang menyusui akan pulih dari melahirkan lebih cepat dan mudah. Hormon oksitosin, yang dilepaskan selama menyusui, bertindak untuk kembali rahim ke ukuran biasa lebih cepat dan dapat mengurangi pendarahan pasca persalinan.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang telah mempunyai pengalaman menyusui mengurangi tingkat kanker payudara dan ovarium di kemudian hari. Beberapa studi telah menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2, rheumatoid arthritis, dan penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Akhirnya, ASI eksklusif menunda kembalinya menstruasi ibu, yang dapat membantu memperpanjang waktu antara kehamilan.

Selain semua itu, dengan menyusui Anda dapat menghemat pengeluaran keluarga Anda dengan tidak membeli susu formula. Saat berpergian Anda juga tidak direpotkan dengan peralatan yang banyak, karena Anda membawa makanan anak Anda dalam diri Anda.

Nah Ladies itulah berbagai keuntungan menyusui. Menyusui adalah perilaku salah satu orangtua yang hanya ibu dapat lakukan untuk bayinya, menciptakan koneksi fisik dan emosional yang unik dan kuat.

 

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading