Sukses

Parenting

Merangsang Tumbuh Kembang Anak Melalui Peran Ayah Dengan Merawat Anak

Dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak yang lebih optimal, Unilever mengenalkan manfaat dari keterlibatan ayah dalam merawat anak sejak masa kelahiran. Dengan tema Daddy & I, Together for a #brightFuture yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 24 Juli 2015.

Tahun ini perusahaan ini mengajak para ayah untuk berperan aktif dalam kegiatan sehari-hari anak, khususnya di masa emas pertumbuhannya, yaitu pada usia 0-4 tahun. Peran ayah sangat penting karena dapat merangsang pertumbuhan kognitif anak.

Unilever mengajak ayah untuk turut serta berperan aktif dalam merawar buah hati | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Menurut Dr. Anne Gracia selaku Praktisi Neurosains Terapan mengatakan, menjadi sosok ayah luar biasa dimana ayah turut serta dalam menjaga dan merawat anak sejak dari bayi bisa memberikan dampak luar biasa positif pada anak. Bahkan ayah yang dekat dengan anak dampaknya akan sangat berbeda dengan ayah yang sibuk dan jarang menyentuh anak.

"Khususnya pada 0-6 bulan pertama, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari sang ayah terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari sang ayah,"
kata Dr. Anne saat ditemui dalam acara Unilever Daycare 2015 di Graha Unilever Sudirman Jakarta Selatan pada Jumat 24 Juli 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bentuk stimulasi dini yang dapat dilakukan ayah untuk merangsang kecerdasan anak adalah melalui kombinasi tekanan, gerak dan energi. Hal ini dapat dilakukan ayah dengan memandikan dan memijat sang buah hati.

Banyak dampak positif yang bisa didapat ketika ayah lebih dekat dengan anak | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Sentuhan serta kontak mata yang terjadi selama proses pijat bayi berlangsung membantu bayi dengan pemijatnya memiliki ikatan emosional yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Dan hal ini bisa diterapkan oleh ayah kepada sang anak," jelasnya.

Dr. Anne berharap semoga komitmen dari langkah kecil yang dilakukan ini dapat memberikan inspirasi banyak pihak terutama para orang tua demi masa depan anak yang lebih cerah. So, pastikan bahwa Ladies dan suami sama-sama memiliki waktu untuk merawat dan menjaga buah hati ya. Semoga selalu menjadi keluarga yang bahagia. :)

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading