Sukses

Parenting

Tidak Usah Diet, Ini Berat Badan Ideal Untuk Gadis Remaja

Saat menginjak masa puber, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Gadis remaja akan mengalami pertumbuhan fisik yang signifikan, termasuk berat badan. Seringkali, perbedaan bentuk tubuh dan tinggi badan setiap wanita menjadikannya sulit menentukan berat badan ideal untuk seorang gadis remaja.  

Meski begitu, Anda tetap bisa menghitung kisaran berat badan ideal anak gadis Anda dan menjaga berat badan yang sehat. Seperti dikutip dari livestrong.com, daftar rata-rata berat badan ideal untuk gadis remaja usia 13 tahun berkisar 34-60 kg, usia 14 tahun sekitar 37-65 kg, dan usia 15 tahun sekitar 40-68 kg. Tentu saja ini tergantung tinggi badan setiap remaja putri itu sendiri.

Body mass index seringkali juga jadi ukuran menentukan berat badan ideal, dan Anda juga bisa menggunakan rumus BMI ini untuk menentukan apakah berat badan anak gadis Anda ideal atau tidak. Untuk menghitung berat badan ideal gadis remaja, bisa dengan cara tinggi badan dikurangi 100, kemudian hasilnya dikalikan 90%.

Namun tidak perlu khawatir juga jika berat badan tidak sesuai perhitungan BMI karena hitungan rumus ini bisa merupakan angka relatif, tergantung dari seberapa banyak masa otot dan lemak yang dimiliki setiap remaja perempuan, karena massa otot lebih berat dari lemak. Dengan kata lain, bisa jadi tubuh seorang gadis berat karena memiliki lebih banyak otot daripada lemak. Dan hal ini merupakan berat badan yang lebih sehat daripada kelebihan lemak dan kurang otot.

Namun tentu saja seorang gadis remaja akan memiliki lebih banyak lemak untuk membentuk bagian dada dan pantat karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. Pastikan saja asupan nutrisi mereka baik dengan perbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah serta kurangi makanan berlemak.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading