Sukses

Parenting

6 Pelajaran Berharga dari Memasak Bersama Anak

Bicara tentang memasak, seberapa sering Anda melibatkan anak-anak (tentu yang sudah cukup umur) untuk memasak bersama Anda? Saya yakin beberapa dari Anda suka dengan keterlibatan anak-anak, dan beberapa lainnya tidak suka dengan alasan keselamatan. Memang benar, jika Anda memasak sendiri, tanpa anak-anak, tentu akan lebih cepat, lebih bersih, dan lebih aman.

Namun Ladies, seperti yang dilansir oleh delish.com, ada beberapa pelajaran berharga untuk Anda dan anak-anak yang bisa diambil dari kegiatan memasak bersama lho. Apa saja ya? Simak selengkapnya.

    Hidup Adalah Tantangan

    Berat dan berantakan. Hidup (dan memasak) tidak selalu berjalan seperti yang Anda harapkan, meskipun Anda sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar. Namun hidup (dan memasak bersama) juga menyenangkan, serta saling mengisi. Anak-anak dapat belajar untuk menjadi lebih tangguh, mudah beradaptasi, dan memaafkan.

    Bekerja Sama

    Saat memasak bersama telah menjadi rutinitas Anda dan anak Anda, mereka akan mengerti arti bekerja sama. Mereka akan tahu mana yang menjadi bagian yang bisa ia kerjakan, dan bahwa dengan bekerja sama pekerjaan yang Anda dan ia lakukan akan lebih mudah dan lebih cepat selesai.

    Menghargai Makanan

    Karena ia mengambil bagian dalam memasak apa yang ia makan, anak Anda akan mengerti bahwa sayang membuang atau menyia-nyiakan makanan yang sudah dimasak dengan kerja keras, serta bahan-bahan yang terbuang jika makanan itu tidak dimakan atau jumlahnya berlebihan. Sehingga dalam kegiatan memasak selanjutnya, ia akan tahu seberapa banyak bahan yang harus dipakai untuk porsi keluarga yang sesuai.

    Quality Time

    Anda yang berperan mengenalkan padanya dan membuat suasana memasak menjadi menyenangkan untuk Anda dan anak-anak. Saling membantu, sambil Anda menjelaskan mengenai proses atau bahan-bahan yang dipakai. Buatlah suasana memasak menyenangkan untuk anak-anak, agar mereka tidak tertekan, dan menikmati kebersamaan dengan Anda.

    Boleh Salah Kok

    Berantakan dan kotor, bukan masalah selama Anda bisa mengajarkan banyak hal pada anak-anak bukan? Pasti mereka akan menjatuhkan sesuatu, atau membuat dapur menjadi kotor. Namun dari kejadian tersebut, Anda juga dapat mengajaknya membersihkan dapur bersama setelah selesai memasak, sekaligus mengajarkan bagaimana cara bertanggung jawab.

    Bereksperimen

    Bukan hanya memasak yang menjadi pengalaman baru baginya, namun Anda juga bisa memperkenalkan rasa-rasa dari berbagai bahan yang ada di dapur. Ia juga bisa belajar mengenali rasa apa yang dihasilkan jika beberapa bahan dicampurkan. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, serta memberinya keberanian untuk mencoba hal baru.

Menyenangkan bukan Ladies? Bukan hanya itu, tapi Anda juga secara tidak langsung mengajarkan agar anak-anak bisa hidup mandiri, dan punya keahlian memasak yang pasti akan sangat berguna jika ia dewasa kelak. Anda juga semakin dekat dengan anak-anak.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading