Sukses

Parenting

Mengasuh Bayi Mulai Usia 5 – 9 Bulan

Mengasuh bayi adalah sebuah hal yang menyenangkan sekaligus penuh akan tantangan. Bagi Bunda yang masih baru menjadi ibu, mengasuh bayi menjadi pengalaman pertama yang mungkin sedikit mendebarkan. Ada perasaan bingung serta sedikit takut saat harus merawat dan mengasuh bayi.

Bunda pasti sering bertanya-tanya apa yang seharusnya dilakukan dengan si kecil di masing-masing tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak perlu merasa bingung, Bun, berikut ini ada beberapa tips dalam mengasuh bayi saat memasuki usia 5 – 9 bulan seperti yang telah dirangkum dari laman thebump.com.

5 Bulan: Ajak si kecil tertawa
Di usia 5 bulan ini, bayi kecil Anda sudah mulai bisa untuk diajak bercanda. Bunda bisa mencoba untuk duduk di lantai dengan kaki lurus, lalu letakkan si kecil menghadap ke bawah di kaki bagian bawah dan angkat ia ke atas seperti layaknya pesawat terbang. Selain itu, Bunda juga bisa mulai mengajak si kecil untuk bermain cilukba, salah satu permainan favorit para bayi.

6 Bulan: Ajari menggunakan bahasa isyarat
Memasuki usia 6 bulan, buah hati Anda sudah bisa diajari untuk menggunakan bahasa isyarat. Meski si kecil masih belum bisa menjawab, ia sudah mampu belajar untuk mengetahui apa yang Bunda maksud. Mengajarkan bahasa isyarat sejak dini juga bermanfaat untuk membantu si kecil lebih mudah dalam berpikir dan mengekspresikan dirinya jauh sebelum ia mampu untuk berbicara.

7 Bulan: Mengenal sebab akibat
Di antara usia 6 bulan hingga 1 tahun, bayi mulai untuk belajar bahwa apa saja yang ia lakukan bisa berakibat pada hal lain dan ia belajar tentang reaksi-reaksi tersebut. Manfaatkan momen ini untuk mengenalkan si kecil pada sebab dan akibat dari suatu hal dengan menggunakan media sederhana. Seperti memasukkan bola ke dalam kotak dan mengeluarkan bola-bola tersebut.

8 Bulan: Bermain musik
Pada usia 6 bulan, bayi sudah mengenal berbagai macam suara dan ia sangat suka bereksperimen membuat berbagai macam suara. Sesekali Bunda bisa membiarkan si kecil mengambil peralatan dapur dan biarkan ia memukul-mukul alat dapur tersebut untuk mengetahui bagaimana bunyi tiap benda. Sambil si kecil bermain, Bunda bisa menyalakan musik dan biarkan ia mengikuti irama musik.

9 Bulan: Bermain dengan boneka
Untuk meningkatkan kemampuan bayi dalam berimajinasi, Bunda bisa menggunakan boneka, binatang mainan, atau mainan lainnya untuk bermain dengan si kecil. Hal yang paling penting adalah mainan tersebut bisa membantu si kecil untuk berimajinasi dan menginspirasinya untuk berpura-pura bermain seperti sungguhan. Sambil bermain bayi akan belajar untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kemampuan bahasanya.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading