Sukses

Parenting

Bagaimana Menyimpan ASI dengan Benar?

Beberapa ibu bertekad untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Namun, mereka terkendala dengan pekerjaan yang mengharuskan mereka pergi pagi dan pulang malam. Bagaimana mereka bisa tetap memberikan ASI kepada bayinya?

Jawabannya adalah dengan “menampung” ASI mereka dalam botol-botol. Botol-botol ASI tersebut diberikan kepada anak di jam mereka minum susu. Nah, permasalahannya sekarang adalah bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan ASI di dalam botol?

Seperti dikutip dari laman babycentre.co.uk, ada beberapa tempat untuk menempatkan botol ASI. Jika ladies ingin menyimpan ASI dalam jangka waktu pendek, maksimal 6 jam, maka anda cukup menempatkan botol ASI di ruangan dengan suhu kamar. Sedangkan jika ingin lebih lama, maka anda harus mendinginkan botol ASI.

Jika ladies menaruh botol ASI di dalam cool box yang berisi es batu, maka ASI bisa bertahan lebih lama, yaitu sampai 24 jam. Sedangkan jika ingin lebih lama lagi, yaitu sampai 5 hari, maka ladies harus menempatkannya di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius dan jauh dari bahan makanan lainnya, terutama makanan mentah.

Sedangkan jika ladies menempatkan botol ASI di dalam freezer, maka ASI bisa bertahan dengan kualitasnya selama 2 minggu.

So, ladies yang harus bekerja namun tetap ingin menyusui buah hati anda, anda tidak perlu kuatir lagi, kan??

Nah ladies, dalam menempatkan ASI dalam botol, anda harus mematuhi prosedur dengan benar agar kualitas ASI dalam botol anda tetap terjaga meskipun sudah berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Beberapa prosedur penempatan ASI dalam botol yang benar adalah sebagai berikut.

Pertama, pastikan bahwa anda menjaga kebersihan pompa ASI yang anda gunakan untuk mengambil ASI anda. Setelah menggunakan pompa, segeralah cuci pompa dan part lainnya dengan air panas yang telat ditambahkan dengan sabun cuci.

Kedua, pastikan pula bahwa kedua tangan ladies bersih saat memompa ASI. So, sebelum memompa dan memegang semua peralatan breast pump, ladies harus mencuci tangan anda dengan sabun. Hal ini penting agar tidak ada bakteri yang ikut masuk ke dalam ASI yang disimpan di dalam botol.

Next, tempatkan ASI dalam botol yang bersih. Dalam memilih botol ASI, pastikan bahwa anda memilih botol yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan selalu cucilah botol sebelum digunakan untuk menyimpan ASI.

Terakhir, labeli botol ASI dengan tanggal dan hari anda menyimpannya. Dengan begitu, ladies tahu dan bisa menghitung dengan tepat kapan kadaluarsa ASI yang anda simpan tersebut.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading