Sukses

Parenting

Tips Membersihkan Baju Bayi

Membersihkan baju bayi merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan bayi. Baju yang kurang bersih atau salah menggunakan deterjen justru dapat menimbulkan masalah kesehatan pada bayi terutama masalah kesehatan pada kulit bayi.

Selain itu, salah dalam merawat pakaian bayi juga bisa membuat pakaian tersebut rusak karena sebagian besar pakaian bayi dibuat dari bahan yang lembut seperti katun. Maka dari itu, Bunda perlu memerhatikan dengan cermat label pemeliharaan pakaian bayi supaya tidak salah saat membersihkan pakaian si kecil.

Nah, untuk membantu Bunda sekalian, berikut ini adalah beberapa tips membersihkan pakaian bayi menurut laman healthychildren.org yang bisa Anda coba.

Cuci pakaian baru
Bunda, ketahuilah bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga pastikan Anda mencuci semua baju baru ataupun baju bekas yang akan dipakai oleh si kecil. Pada baju baru ataupun baju bekas biasanya masih tertempel debu, kotoran, atau bahkan bakteri saat di pabrik atau di toko pakaian.

Apalagi pada baju bekas berpotensi menjadi tempat menempelnya kuman dan bakteri dari yang memakainya sebelumnya sehingga rawan membuat si kecil tertular penyakit. Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk mencuci baju baru atau baju bekas yang akan digunakan si kecil. Pisahkan pakaian yang berat seperti jaket dan pakaian kecil seperti baju dalam saat mencuci baju si kecil.

Pilih deterjen khusus bayi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit bayi sangat rentan mengalami iritasi kulit yang salah satunya bisa disebabkan oleh penggunaan deterjen. Nah, saat mencuci pakaian, ada baiknya Bunda memisahkan antara pakaian bayi dan pakaian orang dewasa.

Gunakan deterjen khusus baju bayi yang menghasilkan sedikit residu dan mengandung sedikit wewangian sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit pada bayi. Apabila si kecil mengalami iritasi kulit, Bunda bisa memeriksa deterjen apa yang digunakan untuk mencuci pakaian si kecil dan menggantinya dengan deterjen khusus bayi yang lebih ramah untuk kulit bayi.

Segera membersihkan noda
Salah satu cara ampuh yang bisa menghilangkan noda menempel pada pakaian bayi adalah dengan segera membersihkan noda tersebut secepat mungkin. Seperti misalnya saat si kecil tiba-tiba muntah, susu tumpah di baju, atau noda kotorannya, maka segera rendam di dalam air dan deterjen agar noda yang menempel bisa segera hilang.

Namun, tak jarang Bunda berada pada situasi yang tidak memungkinkan untuk segera merendam baju si kecil yang kotor. Jika situasinya begini, Bunda bisa membersihkannya dulu dengan tisu basah sehingga noda tidak terlalu lama menempel di baju yang membuatnya sulit untuk dihilangkan.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading