Sukses

Parenting

Tips Menghadapi Bayi yang Tidak Mau Mandi

Bunda sekalian, Anda pasti sudah sering mengalami saat-saat si kecil yang rewel saat akan mandi. Kalau sudah begini pasti Bunda akan merasa kesal dan pusing karena melihat bayi yang merengek dan menangis saat dimandikan. Padahal saat memandikan bayi bisa menjadi momen yang baik untuk meningkatkan hubungan antara Bunda dan si kecil.

Well, Bunda bukanlah satu-satunya orang tua yang harus menghadapi masalah bayi yang susah mandi. Bayi yang rewel dan menangis sepertinya sudah banyak dialami oleh para orang tua. Nah, supaya Bunda tidak kaget dan dapat menghadapi si kecil yang rewel saat mandi, berikut ini ada beberapa tips yang dilangsir dari situs babycenter.com yang bisa Anda coba lakukan.

Periksa temperatur air dan udara
Salah satu faktor yang membuat si kecil menjadi rewel saat mandi adalah temperatur udara dan air yang terlalu dingin atau terlalu panas. Bisa jadi suhu kamar mandi terasa terlalu dingin bagi bayi, jadi Bunda bisa memandikan si kecil di luar kamar mandi yang terasa lebih hangat. Periksa pula suhu air karena air yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Cobalah menggunakan shower
Si kecil mungkin saja merasa tidak nyaman dan tidak bebas saat harus dimandikan di dalam bak mandi. Maka dari itu, Bunda bisa mencoba mengajak si kecil untuk mandi menggunakan shower. Pastikan air shower memiliki temperatur yang pas untuk bayi Anda dan pancuran air tidak terlalu deras sehingga ia merasa nyaman.

Membuat jadwal mandi
Kenalkan bayi pada jadwal mandi yang rutin sehingga ia tahu kapan waktunya mandi. Misalnya Bunda membuat jadwal mandi si kecil pada pagi hari sekitar jam 6 pagi dan waktu mandi di sore hari sekitar jam 3 sore, lalu terapkan jadwal tersebut secara rutin setiap hari. Dengan demikian, pada jam-jam tersebut bayi tidak akan kaget saat diajak mandi.

Mandikan ia dengan handuk
Bayi yang rewel saat mandi mungkin saja terjadi karena ia merasa udara luar membuatnya dingin. Bunda bisa membelitkan handuk pada bayi, lalu memasukkannya pada bak mandi dan melepaskan handuk tersebut secara perlahan saat ia sudah di dalam bak mandi. Dengan begini, si kecil akan tetap merasa hangat saat mandi.

Mandi bersama
Untuk mengenalkan si kecil pada mandi, cobalah untuk mengajaknya mandi bersama dengan Bunda atau ayah. Ketika bayi mandi bersama dengan orang tuanya, bayi tentu akan merasa lebih aman dan nyaman sehingga ia tidak akan menangis dan rewel lagi saat mandi.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading