Sukses

Parenting

Cara Anda Menyimpan Makanan Bisa Bikin Berat Badan Naik

Mungkin Anda pernah memikirkan, kira-kira apa penyebab utama meningkatnya berat badan Anda? Bisa jadi karena cara Anda yang salah dalam menyimpan atau meletakkan makanan. Bagaimana bisa? Ternyata bisa Ladies, seperti yang dilansir oleh Harpersbazaar.com.

Para peneliti dari The Ohio State University melakukan penelitian dengan mengunjungi 50 rumah milik orang dengan berat badan berlebih, dan 50 orang dengan berat badan ideal, yang rata-rata berusia 47 tahun. Mereka mewawancarai dan mengamati seluk beluk rumah masing-masing partisipan.

Mereka menemukan bahwa orang dengan berat badan berlebih cenderung menyimpan makanan tidak sehat, dan lebih sering membeli makanan cepat saji. Mereka juga cenderung memiliki lebih banyak lemari es dan lemari penyimpanan makanan dibanding orang dengan berat ideal.

Namun yang paling menarik perhatian para peneliti adalah keberadaan makanan. Orang dengan berat berlebih cenderung meletakkan makanan tersebar di hampir semua penjuru rumah, di tempat yang mudah dilihat. Hal ini tentu akan memberi kemudahan pada penghuni rumah untuk makan, atau membuat orang yang melihat makanan tersebut ingin memakannya.

Namun para peneliti tersebut juga menekankan bahwa hal tersebut bukanlah penyebab utama obesitas. Melainkan, refleksi perbedaan pola pikir tiap orang terhadap makanan. 

Orang dengan berat berlebih cenderung lebih mudah risau atau gelisah terhadap makanan. Dan seringkali menggunakan makanan cepat saji sebagai pelarian, saat mereka sedang stres, meskipun sedang tidak lapar.

"Jika makanan adalah hal yang paling sering Anda pikirkan, maka makanan akan berpotensial menjadi penyebab utama stres yang Anda alami. Dan lagi, makanan bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan terlalu sering atau terlalu dalam", jelas Charles Emery, kepala peneliti.

"Anda memang tidak bisa berhenti makan begitu saja, namun Anda bisa mengubah kebiasaan makan Anda, dan kebiasaan Anda memikirkan makanan", tambahnya.

So, Ladies, jika Anda suka meletakkan cokelat, keripik, atau gorengan di meja ruang keluarga, bisa jadi itulah faktor pendukung kenaikan berat badan Anda. Yuk simpan makanannya rapat-rapat di dalam lemari saja. Hehe.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading