Sukses

Parenting

Awas Buah Hati Terlambat Bicara

Tak banyak orangtua yang langsung tanggap ketika buah hatinya menunjukkan tanda-tanda terlambat berbicara. Padahal biasanya tanda tersebut cukup obvious namun sayangnya orangtua tidak terlalu memperhatikan hal tersebut.

Apakah putra putri ladies mengalami terlambat berbicara? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda harus mengetahui step-step speech skill anak dari waktu ke waktu. Jika ketika mencapai usia tertentu buah hati anda tidak menunjukkan tanda-tanda yang seharusnya, maka kemungkinan buah hati anda mengalami kelainan berupa delayed speech.

Speech skill anak umumnya ditunjukkan ketika mereka menginjak usia 12 bulan. Di usia satu tahun ini, anak seharusnya sudah mampu mengucapkan kata-kata yang terdiri dari dua suku kata, misalnya “mama” atau “papa”. Selain berkata-kata, anak juga sudah bisa menggunakan gesturenya untuk melambaikan tangan atau berjabat tangan. Mereka juga mampu merespon larangan dari orang terdekat. Misalnya ketika anda berkata “jangan”, mereka akan memahami maksud ucapan anda. Jika buah hati tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, dan bahkan tidak berkata sepatah katapun, ada yang salah dengan buah hati anda.

Sedangkan di usia 18 bulan, buah hati sudah seharusnya mampu menguasai at least 6 kata sederhana. Mereka juga sudah mampu mengenal beberapa anggota tubuh dan menunjuknya ketika anda meminta mereka untuk menunjuknya. Di usia ini, mereka juga berusaha untuk “berkomunikasi” dengan anda saat mereka membutuhkan atau menginginkan sesuatu. Jika si kecil belum menunjukkan milestones tersebut di usia 18 bulan, there is something wrong with your baby.

Saat anak menginjak usia 24 bulan, milestone apa saja yang seharusnya ditunjukkan anak? Seperti dikutip dari laman babycenter.com, anak yang berusia 2 tahun, sudah harus mampu merespon perintah-perintah sederhana yang ditujukan kepada mereka. Selain itu, mereka juga akan dengan mudah menirukan apa yang dikatakan oleh orang dewasa di sekitarnya. Milestone lainnya yang mereka tunjukkan adalah anak mampu menggabungkan dua kata untuk mengekspresikan keinginannya. Jika buah hati ladies tidak menunjukkan milestone seperti di atas, segera konsultasikan buah hati anda ke dokter.

Setahun berikutnya, saat buah hati menginjak usia 3 tahun, milestone yang sudah seharusnya mereka kuasai adalah anak sudah bisa berbicara dalam frasa-frasa yang pendek. Perkataan-perkataan yang mereka ucapkan juga semakin jelas dari waktu ke waktu. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk berinteraksi dengan anak-anak lain sebayanya. Nah, jika buah hati anda tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut di atas, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah buah hati anda mengalami delayed speech.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading