Sukses

Parenting

Balita Masuk Preschool, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Memasuki usia 4 tahun, buah hati anda sudah bisa dikatakan siap untuk memasuki jenjang pendidikan pertamanya: preschool. Bagi seorang balita, hari pertama masuk preschool adalah sebuah big deal. Ladies sebagai orangtua berkewajiban untuk meyakinkan anak dan membuat mereka merasa lebih nyaman.

Agar hari pertama preschool si kecil berjalan dengan lancar dan menyenangkan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus ladies perhatikan.

Pertama, jangan terburu-buru. Di pagi hari menjelang si kecil pergi ke sekolah, mereka mungkin merasa nervous. So, jangan menambah rasa nervous mereka dengan menyiapkan segala sesuatu dengan terburu-buru. Ajak si kecil bersiap-siap dengan santai. Sempatkan untuk sarapan bersama sebelum berangkat ke sekolah sehingga mood mereka akan lebih baik.

Kedua, datang tepat waktu. Karena ini adalah hari pertama preschool si kecil, maka datanglah lebih awal. So, si kecil akan lebih settle dan siap untuk menghadapi hari pertamanya. Jika di hari pertama saja sudah terlambat dan anak menjadi perhatian teman-temannya karena hal tersebut, anak akan merasa tidak nyaman.

Next, untuk membuat anak merasa lebih nyaman dan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, bawalah beberapa mainan favorit si kecil. Ketika anak merasa kurang nyaman, mereka akan memainkan mainan yang dibawanya.

Selanjutnya, berusahalah untuk santai. Kebanyakan, di hari pertama preschool tidak hanya si anak yang merasa nervous. Orangtua pun juga merasakan hal yang sama. Jika ladies merasa nervous, sebisa mungkin jangan menunjukkan hal tersebut kepada buah hati. Pastikan bahwa anda terlihat rileks dan menunjukkan wajah bahagia di depan si kecil. Dengan begitu mereka akan merasa lebih secured.

Jika buah hati anda masih belum berani untuk berada di kelas sendiri, mintalah ijin kepada guru preschool untuk mendampingi mereka di dalam kelas. Satu atau dua minggu berada di dalam kelas, it is okay. Meskipun ladies berada di dalam kelas, hal ini tidak berarti bahwa anda membantu anak terlalu banyak dalam mengerjakan tugas mereka. Cukup perhatikan saja dan bantu mereka seperlunya saja. Saat anda merasa bahwa buah hati sudah cukup berani, keluarlah dan cukup awasi mereka dari depan kelas.

Sebaliknya, jika ladies merasa bahwa buah hati anda siap untuk hari pertama preschool mereka, anda bisa meninggalkan mereka sendiri di sekolah. Dalam mengucapkan bye bye saat anak akan masuk kelas, lakukan dengan cepat. Cukup peluk dan beritahu pukul berapa anda akan menjemput mereka. Tidak perlu memberi nasihat-nasihat panjang lebar karena hal tersebut justru membuat mereka insecure.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading