Sukses

Parenting

Apakah Anak Siap untuk Preschool?

Wah si kecil sudah memasuki usia 4 tahun! Ini artinya dia sudah siap untuk masuk preschool. Eits, belum tentu ladies. Sudah berusia 4 tahu ke atas tidak berarti bahwa si kecil sudah siap secara mental untuk mulai sekolah.

Nah, bagaimana cara mengetahui kalau si kecil sudah siap untuk preschool? Berikut ini tanda-tandanya.

Si kecil siap untuk preschool ketika dia sudah independen. Apakah ladies merasa bahwa si kecil sudah mandiri dan bisa melakukan basic skill yang harus dimiliki oleh anak di usia sekolah? Jika ya, maka buah hati anda sudah siap untuk masuk preschool. Sedangkan jika buah hati anda masih belum bisa makan sendiri atau mencuci tangannya sendiri, maka ini artinya dia belum siap untuk masuk sekolah.

Tanda kedua yang juga menunjukkan apakah si kecil siap sekolah adalah dia terbiasa untuk jauh dari anda. Khususnya bagi anak anda yang terbiasa diasuh oleh nanny, maka akan lebih mudah untuknya masuk sekolah dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Sedangkan bagi si kecil yang masih terbiasa bersama anda sepanjang waktu, maka beri kesempatan beberapa waktu untuk membuatnya terbiasa “terpisah” dari anda. Setelah dia sudah terbiasa, maka anda bisa memasukkannya ke preschool.

Next, jika buah hati anda sudah mampu untuk get along dengan anak-anak lain seusianya, maka ini tandanya si kecil sudah siap untuk masuk ke preschool. Kemampuan untuk bersosialisoa ini cukup penting bagi si kecil mengingat nanti di sekolah dia akan banyak terlibat dalam group work bersama teman-temannya.

Tanda berikutnya yang menunjukkan apakah buah hati anda siap untuk preschool adalah si kecil sudah tidak mudah cranky. Berada di sekolah selama beberapa jam setiap hari akan membuat si kecil capek—dan mungkin bosan. Nah, jika si kecil sudah tidak mudah rewel ketika dia up to some activities, maka ini artinya buah hati anda sudah siap untuk masuk sekolah.

Last but not least, jika buah hati anda sudah terbiasa dengan jadwal kegiatan yang runtut, maka kini saatnya anda memasukkan si kecil ke preschool. Hal ini penting, sebab di sekolah buah hati anda akan mengikuti jadwal kegiatan yang sama dan berulang-ulang setiap harinya.

Nah, ladies apakah buah hati anda sudah siap untuk masuk preschool? Jika belum, that is okay. Masih ada banyak waktu untuk melatih buah hati anda bersiap secara fisik dan mental untuk masuk sekolah. Jangan memaksakan anak yang belum siap, ya, ladies!

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading