Sukses

Parenting

Perhatikan Tips Berikut Saat Memberikan Susu Formula

Kebanyakan ibu berharap bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Tetapi sayangnya tidak semua ibu beruntung untuk melakukan hal itu. Sebagai gantinya, susu formula bayi dipilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Jika ladies termasuk ibu yang harus memberikan susu formula kepada buah hati anda, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Pertama, jaga kebersihan botol susu bayi. Menjaga kebersihan botol susu bayi adalah hal yang penting. Setiap selesai memberikan susu formula kepada bayi, cuci botol susu dengan menggunakan air panas dan sabun. Sedangkan untuk mnejaga kesterilan botol susu, ladies bisa memakai electric steam streriliser atau microwave sterilizer. Jika ladies tidak memiliki alat tersebut, anda bisa “merebus” botol susu tersebut selama 10 menit dalam panci.

Kedua, perhatikan bagaimana cara membuat susu formula. Untuk membuat susu formula, anda bisa melihat instruksi yang dilengkapi dengan jumlah takaran yang dibutuhkan pada kemasan susu. Dalam membuat susu formula, hal yang perlu ladies perhatikan adalah air yang anda gunakan. Pastikan bahwa anda menggunakan air matang. Sebelum memberikan susu kepada si kecil, tes temperatur susu di telapak tangan anda. Pastikan bahwa tidak terlalu panas atau dingin.

Next, perhatikan seberapa sering si kecil membutuhkan susu formula. For your information ladies, selera makan bayi bisa berubah dari waktu ke waktu. Jika hari ini mereka bisa minum susu sebanyak 8 kali sehari, mungkin di esok hari mereka bisa minum 9 botol. So, jangan terpaku pada jam-jam yang anda tentukan. Sebaliknya, lihatnya tanda-tanda lapar yang mereka tunjukkan. Bayi yang baru lahir akan minum susu setiap 2 atau 3 jam sekali. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka akan minum dengan frekuensi yang lebih jarang.

Jika ladies membeli susu formula cair, maka cara terbaik untuk memanaskan susu formula tersebut adalah dengan menghangatkan botol susu di dalam panci atau mangkuk yang berisi air panas. Pastikan bahwa anda tidak menghangatkannya dalam waktu lebih dari 15 menit. Lebih baik lagi jika anda menghangatkannya di dalam microwave.

Sedangkan jika ladies memberikan susu formula bubuk untuk buah hati, pastikan bahwa anda membuatkan susu fresh. Maksudnya, anda memberikan susu formula yang baru saja anda buat. Jika ladies harus membuat susu formula untuk diberikan beberapa jam kemudian kepada si kecil, pastikan bahwa anda tidak mendiamkan susu lebih dari 4 jam.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading