Sukses

Parenting

9 Fakta Menarik Seputar Bayi Yang Baru Lahir

Seringkali Mom dibuat terpesona dengan lahirnya sosok mungil yang menggemaskan. Semua yang ada pada bayi kecil Anda bahkan membuat siapapun enggan meninggalkannya barang sedetik saja.

Nah, sepanjang perkembangan si kecil, tentu banyak hal-hal menakjubkan yang Mom lihat, dengar, atau alami. Dan mungkin salah satunya ada di deretan fakta-fakta menarik seputar bayi, seperti yang dirangkum dalam situs www.disneybaby.com dari beberapa penelitian di Amerika. Simak ulasannya berikut ini:

1. Bayi bisa merangkak sesaat setelah ia lahir

Ketika bayi yang baru lahir diletakkan (tengkurap) di dada ibunya, dalam waktu kurang dari satu jam ia akan menemukan tempatnya menyusu.

2. Bayi yang baru lahir bisa mengenali suara ibunya

Telinga bagian tengah bayi yang baru lahir umumnya masih dipenuhi cairan, sehingga pendengarannya belum sempurna. Namun, ia bisa segera mengenali suara ibunya dibandingkan suara-suara lain.

3. Bayi yang baru lahir tidak mengeluarkan air mata

Tangisannya memang kuat dan sering, tapi coba Mom perhatikan, apakah air mata bayi yang baru lahir mengalir seperti bayi-bayi lain yang berusia lebih dari sebulan? Ternyata, pada usia di bawah 1 bulan, bayi hanya mampu memproduksi air mata untuk membasahi dan melindungi matanya saja.

4. Bayi mempunyai lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Meskipun orang dewasa secara fisik lebih besar daripada bayi, faktanya bayi memiliki lebih banyak tulang dibandingkan orang dewasa. Ketika bayi lahir, ia sudah mempunyai 270 tulang. Kemudian seiring pertumbuhannya menjadi dewasa, jumlah tulang tersebut berkurang menjadi hanya 206.

5. Bayi bernapas 2 kali lebih banyak daripada orang dewasa

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Oregon, orang dewasa umumnya bernapas sebanyak 12 sampai 20 kali setiap menitnya. Sementara bayi yang baru lahir bernapas jauh lebih cepat daripada anak-anak atau orang dewasa, yakni sekitar 40 kali per menit.

6. Bayi yang baru lahir hanya mampu melihat dalam jarak dekat

Bayi yang baru lahir hanya mampu melihat objek (manusia atau benda) dengan jelas dalam jarak tidak lebih dari 8 sampai 10 inci.

7. Berat bayi naik 2 kali lipat dalam 5 bulan

Ketika usia bayi mencapai 5 bulan, umumnya berat badan bayi akan naik dua kali lipat dari beratnya sewaktu dilahirkan.

8. 4 bayi lahir setiap detik

Berdasarkan sebuah sensus di Amerika, diketahui bahwa setiap detiknya ada 4 bayi yang lahir ke dunia. Jadi, dalam 1 menit, dunia menyambut kelahiran 255 bayi!

9. 1 dari 3 bayi mempunyai tanda lahir

Dan, dari jumlah itu, lebih banyak bayi perempuan daripada laki-laki yang memiliki tanda lahir.

Oleh : Puteri Krisnasekar

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading