Sukses

Parenting

Mengapa Anak Laki Saya Susah Diatur?

Bagi orangtua yang sudah memiliki anak lebih dari satu, khususnya dengan jenis kelamin yang berbeda, akan Anda rasakan perbedaan antara membesarkan anak laki dan perempuan. Dan keluhan semacam itu pun mungkin dirasakan oleh orangtua lainnya, Bun, sehingga sepertinya memang ada hal yang dimiliki oleh anak sejak mereka lahir yang mirip berdasarkan jenis kelamin, terlepas dari pengaruh genetik, tentunya.

Dan salah satu masalah yang dihadapi oleh orangtua yang sedang membesarkan anak laki-laki adalah ketika mereka mengomel panjang lebar namun anak lakinya cenderung tak mendengarkannya.Tentu saja hal ini akan terasa menyiksa bila terus-terusan terjadi, Bun. Uniknya lagi, jika dibandingkan dengan saudarinya, si orangtua tak perlu berlama-lama mengomel, mereka bisa dengan mudah memahaminya.

Nah Bunda, mengetahui hal yang demikian, ternyata memang tidak semata-mata karena mereka laki-laki dan perempuan, ada penjelasan lain yang akan bermanfaat bagi Anda. Berikut ini saliran dari laman Parenting.com.

Senyatanya nih Bunda, anak laki-laki memiliki kemampuan mendengar di bawah anak perempuan. Maksudnya adalah anak laki-laki kurang sensitif terhadap kata perintah, perbedaan intonasi, atau penekanan-penekanan pada kata-kata orang lain. Alhasil nih Bunda, ketika Anda mengataka ‘Berhenti, Bersihkan’ atau kata perintah lainnya, anak laki-laki cenderung acuh karena kata tersebut belum terserap sempurna ke dalam otaknya.

Untuk itulah Bunda, bagi yang mungkin kurang memahami tingkah anak laki-laki seperti itu, dia mungkin akan dinilai sebagai anak yang nakal, susah diatur, dan sebagainya, padahal memang kemampuannya untuk memahami perintah secara verbal memang tak sebagus saudarinya. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa pada rasio 5 : 1 anak laki dan perempuan diketahui lemah dalam menerima perintah, berkonsentrasi, atau hiperaktif.

Lalu, Anda mungkin sekarang pun bertanya-tanya cara yang paling efektif untuk menyampaikan maksud yang sama seperti perintah secara verbal, Bun. Memang tidak bisa dipungkiri kalau menggunakan perintah verbal merupakan cara yang mudah untuk mendidik anak.

Nah Bunda, mengetahui kelemahan anak laki Anda pada pemahaman perintah verbal, maka cara yang terbaik adalah dengan tindakan. Tunjukkan cara yang paling tepat padanya sehingga anak Anda akan memahami apa yang Anda maksudkan. Anda juga bisa berbicara dari hati ke hati dengan anak Anda agar sekaligus dapat meningkatkan kemampuannya memahami perintah verbal.

Well Bunda, sekarang Anda sudah memahami mengapa anak laki-laki Anda cenderung lebih susah diberitahu dibandingkan dengan anak perempuan Anda. Dengan begini, Anda pun sudah tahu bahwa mereka pada dasarnya memang dikaruniai hal yang berbeda, sehingga sekarang giliran Anda menggali kemampuan anak laki Anda sedini mungkin.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading