Sukses

Parenting

Beberapa Cara Tumbuhkan Rambut si Kecil Lebih Cepat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki baby dengan rambut yang tumbuh sehat dan tebal? Nah, Moms, sayangnya tidak semua baby terlahir dengan rambut dalam jumlah yang banyak, walaupun memang beberapa sudah terlahir dengan rambut yang sudah tumbuh dengan baik. Dan beberapa pendapat mengatakan kalau banyak sedikitnya jumlah rambut ini sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Beberapa orang tua ada yang berusaha melakukan banyak hal untuk bisa membantu rambut anak tumbuh dengan cepat. Namun faktanya, tidak ada cara khusus untuk mempercepat pertumbuhan rambut ini. Walaupun mungkin Anda tidak bisa mempercepat pertumbuhan rambut ini, Anda bisa melakukan beberapa treatment untuk si kecil. Berikut ini ulasan lebih lengkapnya mengenai step-step yang bisa kita lakukan, seperti yang dilangsir oleh laman livestrong.com.

Step 1
Moms, usahakan untuk memberikan kesempatan baby untuk tengkurap selama beberapa menit saja ya. Ternyata, posisinya yang terus menerus tidur terlentang akan mempengaruhi pertumbuhan rambutnya. Selain posisi tengkurap, Anda bisa mendudukkan si kecil di pangkuan Anda, dengan begitu tidak ada kontak langsung antara tempat tidur dan bagian kulit kepalanya yang belakang. Lakukan kegiatan ini dengan rutin setiap hari ya, Moms.

Step 2
Ketika sedang mencuci rambut si kecil, berikan shampo secukupnya. Lalu siramkan sedikit air di kulit kepalanya. Dan dengan lembut, pijat kulit kepalanya dengan jari-jari Anda. Dengan melakukan cara ini, selain bisa menghilangkan kotoran yang ada di kulit kepala juga bisa menstimulasi folikel rambut.

Setelah Anda rasa cukup, bilas dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk yang sangat lembut. Kulit kepala baby yang sehat akan terlihat bersih, tanpa ada warna kemerahan.

Step 3
Step selanjutnya, bersihkan sisik atau kotoran yang ada di kulit kepala baby ketika mencuci rambutnya dengan menggunakan baby brush. Baby brush ini sudah didesain khusus dengan lembut untuk membersihkan kotoran yang ada di kulit kepala si baby. Nah, setelah itu, pijat dengan lembut kulit kepalanya agar bersih dan sehat. Moms, kulit kepala yang sehat inilah yang akan merangsang rambut untuk tumbuh lebih cepat.

Step 4
Pastikan kalau di dalam menu makanan si kecil terdapat vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambutnya. Seperti misalnya thiamine atau vitamin B1 yang membantu mengubah makanan menjadi energi, yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan kulit dan rambut yang sehat. Selain itu, juga ada biotin atau vitamin B7 yang juga penting untuk siklus pertumbuhan secara umum. Atau mungkin juga vitamin A yang membantu produksi dan pengaturan hormon, yang akan mempengaruhi pertumbuhan rambut pada baby.

Step 5
Kunjungi ahli dermatologi kalau si kecil belum juga tumbuh rambutnya di saat usianya mencapai 2 tahun. Ini karena mungkin saja anak mengalami beberapa masalah yang mengharuskan penanganan yang serius.

Semoga bermanfaat ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading