Sukses

Parenting

Beberapa Cara Smart Biasakan Anak Makan Makanan Sehat

Sudah sangat sering ya kita mendengarkan banyak sekali ibu-ibu yang mengeluh kalau si kecil susah makan sayur, padahal sayuran ini sangat penting untuk pertumbuhan mereka. Nah, kita harus pintar-pintar ya, Moms untuk menyiasati hal ini. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda menghadapi hal ini, seperti yang dilangsir oleh laman nutritionaustralia.org.

Ekspose Mereka dengan Pesan Untuk Makan Makanan Sehat
Bagaimana bisa si kecil berkeinginan untuk makan makanan yang sehat dan bernutrisi kalau televisi, majalah, koran, dan media lain di sekelilingnya terus menerus mengekspose makanan instan? Nah, olah karena itu, mulai sekarang biasakan untuk mengelilingi mereka dengan pesan mengenai makanan sehat ya, Moms.

Bisa dimulai dari gambar-gambar yang ada di rumah. Anda bisa menggantung gambar makanan sehat di dalam dapur, atau bisa juga melalui lagu seperti misalnya Watermelon.

Alternatif yang lainnya adalah melalui buku-buku dengan gambar makanan sehat. Ekspos anak dengan menggunakan berbagai gambar makanan sehat seperti sayuran dan juga buah-buahan. Nah, kalau si anak sudah tertarik dengan sayur dan buah, Anda bisa mulai menyajikan sayur dan buah yang siap makan ini di mangkuk. Dengan begitu, anak bisa dengan langsung menikmatinya kapanpun dia mau.

Untuk itu, usahakan untuk menjauhkan toples cookie dari jangkauan mereka ya, Moms. Kalau ada toples cookie, pasti mereka akan lebih memilihnya sebagai cemilan ya daripada buah-buahan yang sudah terhidang di meja. Jadi, kalaupun Anda harus menyetok makanan di rumah, usahakan untuk menyediakan makanan yang sehat saja di kulkas atau pantry. Jadi, kalaupun mereka sewaktu-waktu merasa lapar, mereka pasti akan memakan apa saja yang ada di sana ya, Moms.

Jadilah Contoh yang Baik
Moms, anak-anak akan menirukan apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Kalau Anda terbiasa untuk mengajak mereka makan makanan yang sehat bersama-sama, mereka juga akan bersedia memakan makanan yang sama ya. Kalau perlu, ajak semua anggota keluarga dan teman-teman yang datang ke rumah untuk makan buah dan sayur yang sudah Anda stok di rumah.

Libatkan Mereka Saat Berbelanja dan Memasak
Sekali-sekali Anda bisa mengajaknya pergi ke pasar, dan biarkan mereka memilih sayuran dan buah yang mereka sukai. Selain menyenangkan, anak juga bisa memilih sayuran dan buah yang disukainya ya, Moms.

Atau, kalau mereka tertarik, ajak juga untuk melihat dan menemani Anda saat memasak di dapur. Kalau mereka mengetahui proses memasak makanan yang ada, mereka akan cenderung lebih tertarik untuk makan kan?

Nah, Anda sudah tidak galau lagi kan untuk membiasakan si kecil makan sayur dan buah? Semoga tips di atas membantu Anda ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading