Sukses

Parenting

Beberapa Cara Biasakan Anak Dengarkan Musik

Moms, musik ternyata akan memberikan beberapa efek untuk si kecil ya. Nah, pertanyaannya sekarang adalah, dengan cara seperti apa kita bisa membiasakan dia untuk mendengarkan musik? Mungkin Anda memiliki cara Anda sendiri ya, Moms untuk melakukannya. Mungkin beberapa cara berikut juga bisa dijadikan referensi, seperti yang dilangsir oleh laman babycenter.com.

Mainkan Musik Sebelum Jam Tidur
Moms, usahakan untuk memainkan musik yang sama setiap saat si kecil akan tidur. Dengan begitu, anak akan mengerti kalau jam tidur sudah tiba sehingga mereka memiliki jadwal tidur yang baik setiap harinya.

Usahakan untuk memilih lagu dengan tempo yang lambat ya, Moms. Lalu putar dengan suara yang pelan dan nyaman untuk si kecil. Setelah itu, untuk membantunya terlelap lebih cepat, matikan lampu kamarnya. Nah, dengan cara ini, buah hati tercinta akan terbantu untuk tidur lebih cepat.

Namun, seperti yang dikatakan oleh ahli psikologi Jodi Mindell, jangan sampai kita memutar satu list lagu untuk si kecil lalu kita meninggalkannya di kamar sendirian ya, Moms. So, si kecil harus tetap dijaga karena kalau nanti lagunya berhenti dan si kecil terbangun, Anda akan siap di sampingnya untuk menenangkan dan memutar musiknya lagi. Nah, baru setelah si kecil sudah terlelap, Anda bisa mematikan musiknya.

Bernyanyilah Untuknya
Tidak masalah seberapa sumbang suara Anda, tetaplah berusaha menyanyikan lagu untuk si kecil ya, Moms. Dia juga tidak akan memprotes suara Anda kan? Bahkan Moms, dia akan sangat menyukai usaha dan perhatian yang Anda berikan lho. So, jangan ragu untuk bernyanyi untuk buah hati Anda tercinta.

Nah, ternyata nyanyian ini tidak hanya terbatas pada saat sebelum jam tidur saja, Anda bahkan bisa mengajaknya bernyanyi bersama saat bermain. Nyanyikan lagu-lagu yang ceria, yang bisa mengenalkannya pada lingkungannya, bisa tentang binatang, buah, atau alphabet. Jangan lupa juga untuk menunjukkan wajah dan gesture yang lucu agar membuat anak tetap merasa excited ya.

Biarkan Anak Memainkan Alat Musik Sendiri
Yang dimaksud alat musik di sini pastinya bukan alat musik yang beneran ya, Moms. Hanya mainan anak yang berbentuk instrumen, bisa dalam bentuk drum, piano, atau xylophone. Namun, usahakan untuk tidak memberikan mainan yang terlalu berat, apalagi kalau si kecil belum terlalu kuat memegangi sesuatu. Bisa-bisa malah melukainya ya, Moms.

Namun tentu saja untuk saat ini, mereka belum benar-benar akan belajar bermain musik. Hanya untuk have fun saja. Nanti ketika umur 5 sampai dengan 7 tahun, barulah mereka bisa benar-benar bermain alat musik yang sesungguhnya.

Semoga bermanfaat untuk Anda ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading