Sukses

Parenting

Bagaimana Sebenarnya Cara Untuk Bantu Anak Belajar Jalan

Moms, pastinya banyak orang tua yang harap-harap cemas menunggu kapan si buah hati tercinta bisa berjalan sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. Nah, memang sangat dibutuhkan kesabaran untuk menemani semua proses perkembangan ini ya. Ada beberapa anak yang memang memiliki progres yang sangat cepat untuk bisa berjalan, ada juga yang membutuhkan waktu relatif lebih lama daripada yang lainnya. Dan ini sangat wajar terjadi. Setiap anak sangat spesial dan memiliki siklus pertumbuhannya masing-masing.

Kurang lebih butuh waktu sebanyak 1000 jam untuk berlatih mulai dari mereka melakukan pull up sampai dengan bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Nah, dalam rentang waktu ini, secara umum ada beberapa step anak untuk belajar berjalan berdasarkan usia mereka. Dan di setiap step perkembangan ini, kita bisa melakukan sesuatu untuk membantunya. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya seperti yang dilangsir oleh laman parenting.com.

Dari Lahir
Hal yang paling dibutuhkan ketika anak berjalan adalah tulang belakang yang kuat, yang akan berkembang ketika anak mengangkat kepalanya saat posisi tengkurap. Jadi, pastikan kalau si kecil memiliki waktu yang cukup untuk tengkurap. Kalau perlu, letakkan mainan sedikit di depannya untuk memotivasinya maju bergerak ke depan.

Ketika si Kecil Sudah Bisa Duduk
Ketika si kecil sudah bisa duduk, sebaiknya Anda membantunya untuk menjaga keseimbangannya ya, Moms. Anda bisa bermain bola dengannya. Gulirkan bola dan biarkan si kecil mendorongnya kembali kepada Anda. Atau, Anda juga bisa menggunakan mainan dan menggerakkannya untuk melatih si kecil menjaga keseimbangannya ketika mengikuti gerakan dari mainan tersebut.

Nah, untuk step selanjutnya, mereka akan belajar untuk merangkak. Ketika merangkak inilah, mereka akan melatih lehernya, pungung, kaki dan tangan agar bisa lebih kuat, dan juga agar memiliki kontrol pada pinggulnya. So, now s/he is ready for the next step!

Ketika si Kecil Sudah Bisa Berdiri
Biarkan dia berjalan dengan posisi tangan yang tetap Anda pegangi. Atau, sekali-sekali Anda bisa memegangi salah satu tangannya saja, agar bisa belajar menjaga keseimbangan. Kalau si kecil sudah bisa menjaga keseimbangannya, jaga jarak dengannya beberapa meter dan biarkan dia berjalan sendiri. Jangan lupa untuk memberinya motivasi dan pujian ya Moms kalau dia bisa berjalan dengan baik. Ini akan sangat berharga untuknya.

Saatnya Menjelajah Seluruh Isi Rumah!
Kalau buah hati tercinta sudah bisa berdiri dengan baik, mungkin dia akan mulai menjelajah seluruh isi rumah dengan berjalan sambil berpegangan pada kursi, dinding sampai dengan meja yang ada di rumah. Nah, oleh karena itu, sebaiknya kita membantunya dengan cara menyusun furniture yang ada di rumah sehingga memudahkan dia untuk berjalan.

So, Moms, ready to accompany your lovely one?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading