Sukses

Parenting

Tips Untuk Anak-anak Picky Eaters

Moms, apakah Anda memiliki masalah dengan si kecil yang sangat pilih-pilih dalam hal makanan? Nah, sangat wajar sekali ya Moms kalau anak-anak hanya akan memakan makanan yang disukainya. Para picky eaters ini biasanya akan menolak sayuran dan segala jenis olahannya. Di sinilah kita dituntut berstrategi untuk membuatnya semangat makan makanan yang penting untuk pertumbuhannya. Inilah diantaranya beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi para picky eaters, seperti yang dilangsir oleh laman mayoclinic.org.

Hargai Nafsu Makan si Kecil
Moms, menghargai nafsu makan si kecil ternyata juga menjadi salah satu hal yang sebaiknya Anda lakukan. Jadi, jangan pernah memaksa anak untuk memakan makanan yang Anda sajikan, apalagi untuk menghabiskan makanan yang ada di piring. Wah, bisa-bisa si kecil akan badmood ya setiap kali waktu makan tiba. Atau mungkin malah akan lebih tidak sensitif dengan lapar yang dirasakannya karena dia ogah-ogahan untuk makan.

Jadi, lebih baik memberikan porsi makan yang tidak terlalu banyak ya, Moms. Dengan begitu, anak tidak akan terbebani untuk menghabiskan makanan yang sangat banyak dalam satu waktu. Nanti kalau si kecil merasa belum kenyang, dia akan dengan mandiri meminta tambahan porsi makanan kok, Moms. Sepertinya cara yang satu ini lebih efektif ya. Tertarik mencoba?

Buat Schedule
Selain itu Moms, usahakan untuk menyajikan makanan atau snack di jam yang sama ya setiap harinya. Anda bisa menyajikan susu atau jus buah dengan makanan utama. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan jadwal makan setiap harinya. Membiarkan si kecil makan snack, jus atau susu setiap saat tanpa ada batasan waktu bisa saja akan mengurangi nafsu makannya untuk makan makanan utama.

Bersabarlah Untuk Mengenalkan Makanan yang Baru
Moms, kalau Anda ingin mengenalkan makanan yang baru yang tentunya sangat bernutrisi untuk anak, cobalah untuk sedikit bersabar ya. Anak-anak pada umumnya akan menyentuh atau bahkan mencium makanan yang nampak baru untuk mereka. Mungkin untuk tahap awal, mereka akan mencobanya melalui gigitan kecil dan akan mengembalikan makanan tersebut ke tempatnya semula. Oleh karena itulah, mereka perlu exposure yang berkali-kali sampai akhirnya bisa benar-benar menerima makanan baru yang Anda sajikan.

Cara smart-nya adalah dengan cara memainkan warna, bentuk, aroma dan tekstur dari makanan tersebut. Karena anak-anak sangat menyukai warna-warna yang cerah, maka usahakan untuk menggunakan warna-warna yang menarik hatinya ya, Moms. Atau, usahakan juga untuk menyajikan makanan yang baru ini dengan makanan favorit mereka. Pasti mereka pelan-pelan akan tergoda juga ya.

Tertarik untuk mencoba cara-cara di atas, Moms?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading