Sukses

Parenting

Tips Untuk Mengganti Popok Bayi yang Sangat Aktif

Banyak sekali PR yang harus kita kerjakan ya Moms sebagai ibu muda. Hal-hal yang sangat detail tentang bagaimana merawat si kecil pun juga harus kita ketahui. Nah, salah satunya adalah tentang popok bayi. Meskipun terdengar sepele, popok yang tidak kita jaga dengan baik kebersihannya pun akan menimbulkan iritasi di kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Apalagi untuk baby yang sangat aktif gerakannya ya Moms, kita pasti akan kesulitan untuk mengganti popoknya. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mengganti popok bayi ketika dia sedang bergerak dengan sangat aktif, seperti yang dilangsir oleh laman webmd.com.

Pahami Kalau Ini Adalah Fase yang Harus Dilalui
Moms, memang sebelumnya kita harus memahami kalau ini adalah salah satu fase dimana si kecil akan bergerak dengan sangat aktif. Mungkin ketika Anda mengganti popoknya, dia akan menggeliat, bergerak ke kanan dan kiri, menendang atau bahkan berteriak dengan melengking. Dan ini adalah salah satu fase saja, dan sesegera mungkin si baby tumbuh meninggalkan fase yang satu ini. So, be patient ya Moms.

Ignore it!
Ada baby yang menendang dan bergerak ke kanan dan ke kiri memang karena dia ingin bergerak aktif. Atau ada saatnya mereka melakukannya hanya untuk mendapatkan perhatian Anda. Jadi, kalau Anda tersenyum saat dia melakukannya, senyum ini akan menjadi semacam reward, dan itu artinya dia akan berinisiatif untuk melakukannya lagi.

Usahakan untuk meminimalisir hal ini dengan cara memberikan perhatian yang seminim mungkin saat dia berteriak dan bergerak aktif ya, Moms. Dengan begitu, mereka tidak akan merebut perhatian Anda dengan cara tersebut.

Berikan Mainan Untuk Mengalihkan Perhatiannya
Beberapa ibu yang smart menggunakan mainan untuk mengalihkan perhatian si kecil agar tenang ketika popoknya diganti. Atau, kalau mainannya terlalu berat dan membahayakan si kecil, Anda bisa menggantungnya di atas tempat tidurnya. Selain itu, Anda juga bisa menyanyikan lagu untuk menenangkannya. Mungkin Anda punya cara smart yang lainnya? Beberapa cara yang lain juga bisa dilakukan ya, Moms.

Yang terpenting selalu jaga si kecil ketika mengganti popok. Kalaupun Anda harus menjangkau sesuatu yang letaknya agak jauh, pastikan kalau tangan Anda yang satunya tetap memegangi si kecil. Atau, kalau Anda kesulitan, Anda bisa meminta bantuan orang lain.

Masihkah memiliki kesulitan mengenai cara mengganti popok bayi yang sangat aktif? Anda bisa berkonsultasi dengan keluarga, teman, atau bahkan dokter anak kepercayaan Anda ya, Moms. Mereka lah yang akan mengerti Anda dan juga baby Anda karena sudah mengalami hal yang sama sebelumnya. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading