Sukses

Parenting

Yuk Pahami Kesehatan Mental dan Psikologi Anak

Sebagai orangtua yang baik untuk anak-anak tercinta, kita selayaknya mengetahui bagaimana perkembangan mental dan psikologi mereka ya. Dengan mengetahui perkembangan mental dan psikologi ini, kita akan tahu bagaimana cara terbaik untuk memberikan treatment kepada mereka. Sehingga nantinya kita akan selalu ada dalam proses perkembangan mental dan psikologi mereka.

Namun yang pasti, kita harus selalu memahami kalau setiap anak memiliki kepribadian yang spesial, yang berbeda dari yang lainnya, dan ini akan selalu konsisten sepanjang hidupnya. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini, seperti yang dilangsir oleh laman childdevelopmentinfo.com.

Amati Tingkah Laku Mereka
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memahami anak Anda adalah dengan cara mengamatinya. Mengamati dan memperhatikan semua kegiatannya, seperti ketika mereka tidur, makan, atau bahkan bermain. Dari mengamati ini, coba cari pola dari perilaku mereka. Pasti perilaku mereka ini akan mengikuti pola-pola tertentu dan mereka akan menunjukkan kesukaan terhadap sesuatu daripada yang lainnya.

Aktivitas apa saja yang mereka sukai? Apakah mereka dengan mudah bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal yang baru di sekelilingnya? Dan semua hal ini akan sangat normal terjadi pada anak-anak, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Ajak Mereka Bicara
Luangkan lebih banyak waktu untuk sekedar berbincang-bincang dengan mereka. Apalagi dalam usia mereka yang masih balita, perhatian yang kita berikan akan sangat berarti untuk mereka yang baru saja memulai proses belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan cara berbincang dengan mereka, kita juga akan tahu apa kemauan dan pendapat mereka mengenai sesuatu.

Atau mungkin untuk usia balita atau beberapa tahun lebih tua, komunikasi melalui ekspresi wajah dan body language akan lebih sering dilakukan untuk menunjukkan pikiran dan perasaan mereka. Semua ini akan membantu Anda selangkah lebih dekat dengan si buah hati tercinta.

Bangun Hubungan yang Baik Sejak Dini
Ladies, jangan lupa untuk selalu membangun hubungan yang baik dan selalu mendekatkan diri dengannya ya. Bagaimanapun, untuk membuatnya nyaman bercerita tentang apa saja, kita pertama-tama harus memiliki hubungan yang dekat. Selain itu, hubungan yang baik ini juga akan menyediakan ruang bagi Anda untuk selalu memberikan dukungan kepada anak untuk menghormati orang lain dan menghormati dirinya sendiri pastinya. Dan tahukah Anda, kalau hal ini akan membuatnya merasa sangat spesial.

Quality time ini memang harus menjadi agenda rutin untuk orangtua agar mereka selalu meluangkan waktu setiap harinya di tengah kegiatan yang padat. Dan kita harus memiliki waktu yang intensif untuk masing-masing anak, dan juga luangkan waktu untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga. Atau, kalau Anda kebetulan adalah seorang single parent, Anda bisa mengajak keluarga yang lain untuk bergabung dan menghangatkan suasana.
Semoga menambah pengetahuan kita ya, Ladies.


Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading