Sukses

Parenting

Bayiku Terus Menangis, Bagaimana Nih?

Bagi seorang ibu, momen bahagia dalam hidupnya bisa jadi adalah ketika anaknya terlahir ke dunia. Dia akan menjadi malaikat bagi si bayi yang hidup di dunia. Namun, tak lama setelah itu, ketika si ibu mendapati bayinya menangis dan dia tak tahu harus berbuat apa, seolah-olah dia menjadi malaikat yang kehilangan keajaibannya.

Bunda, seperti itulah tantangan seorang ibu. Akan ada kalanya Anda merasa kesulitan untuk menangani anak Anda sendiri; dan itu lumrah. Hanya saja nih, sejak sekarang Anda perlu membekali diri dengan berbagai strategi untuk membuat diri Anda tangkas menangani bayi Anda yang menangis.

Seperti disalir dari laman Babycentre.co.uk, Anda bisa mulai dengan memainkan musik atau suara yang cenderung dimainkan berulang-ulang. Hal ini sangat berkaitan dengan ketika bayi Anda berada di dalam rahim Anda, di sana dia sudah bisa mendengarkan detak jantung Anda, dan hal itulah yang membuatnya tenang, Bun.

Untuk itu, Anda bisa memainkan suara yang cenderung berulang, seperti suara mesin cuci atau hairdryer. Nah Bunda, dengan mendengarkan suara yang demikian, konsentrasi anak Anda akan mulai teralihkan sehingga dia akan tenang.

Anda juga bisa menimang dan mengayunnya. Nah Bunda, untuk yang ini ada banyak cara, tergantung mana yang lebih disukai anak Anda. Contohnya adalah ketika dia menangis, timang-timang sambil berjalan sebentar, Anda juga bisa menepuk-nepuk pantatnya perlahan. Anda juga bisa menimangnya di kursi goyang.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memijatnya. Memang sih ada beberapa gerakan yang harus diperhatikan agar tetap aman untuk bayi, Bunda, namun hal ini bukan berarti Anda hanya bisa memijatnya di tempat khusus, loh; you can learn it, Bun.

Ada juga nih cara lainnya, yakni coba berganti posisi saat menyusui. Anda bisa mencoba sedikit mengangkatnya dan membuat badannya nyaman. Yah beginilah bayi, Bunda, ketika dia sudah sedang ingin makan, jika dia merasakan badannya kurang nyaman, dia akan menangis. Anda juga bisa mengganti posisi dari kanan ke kiri.

Anda juga bisa memberinya sesuatu untuk dimasukkan ke dalam mulutnya hanya untuk diisap. Mengisap adalah salah satu cara bayi mengenali objek asing di sekitarnya, sehingga hal ini bisa sekaligus menjadi cara untuk mengalihkan perhatiannya agar tak menangis lagi. Jangan lupa pastikan bahwa benda tersebut sudah steril ya, Bun.

Nah Bunda, jika setiap cara sudah Anda lakukan dengan maksimal namun ternyata anak Anda masih terus menangis, Anda perlu sejenak berucap syukur bahwa anak Anda masih sehat. Lalu, minta tolonglah pada kerabat untuk menenangkannya, Bun.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading