Sukses

Parenting

Kata Siapa Kakek-Nenek Selalu Memanjakan Anak?

Seperti obrolan orangtua muda jaman sekarang, ‘jangan terlalu membiarkan anak bermain bersama kakek dan neneknya, bisa manaja, loh.’ Nah Bun, Anda bisa kok percaya karena memang kecenderungannya adalah sang kakek dan nenek sudah lama merindukan kehadiran anak kecil, sehingga ketika sudah ada, mereka akan melimpahkan kerinduannya dengan memanjakannya.

Nah, Anda juga bisa percaya saran para orangtua muda sekarang karena biasanya cara Anda dan orangtua Anda membesarkan anak akan berbeda. Anda pun pasti telah membuat standar tertentu, seperti jenis makanan yang dicerna anak Anda, kebersihan tempat bermainnya, waktu tidurnya, serta cara bermain dengannya; orangtua Anda juga punya caranya sendiri yang mungkin banyak tak sama.

Namun Bunda, berbeda bukan berarti lebih buruk loh, ya. Jangan lupa bahwa orangtua Anda lebih berpengalaman dan mereka juga lebih paham cara merawat seorang anak dan akibatnya pada masa depannya. Buktinya nih seperti disalir laman Grandparents.com, para kakek nenek juga turut andil dalam membesarkan para tokoh berikut dan berkontribusi besar pada kesuksesan mereka di hari depannya.

Anda kenal dengan Barack Obama, kan, Bunda? Yaps, seorang pemimpin negara besar yang paling berpengaruh di dunia ini ternyata juga sempat menikmati indahnya dibesarkan oleh kakek dan neneknya. Tak hanya cinta yang diperolehnya, dia juga mendapatkan makna besar dalam hidup bahwa setiap orang tak hanya hidup untuk menghidupi dirinya sendiri, melainkan juga hidup untuk orang lain.

Ada juga nih mantan presiden Amerika nih, Bunda. Bapak Bill Clinton, beliau juga pernah dibesarkan oleh kakek dan neneknya yang pada saat itu mengajarinya ilmu berdagang sekaligus berpolitik. Dia belajar bahwa jiwa kemanuasiaan yang luar biasa tak hanya akan dihargai di dunia, tapi juga oleh Tuhan yang Esa.

Eits, masih ada lagi nih, Bunda, yakni Oprah Winfrey. Seorang milyuner wanita ini juga pernah menikmati masa kecilnya dibesarkan oleh seorang nenek hebat. Hebat bukan berarti si nenek yang mewarisi kekayaan seperti yang dimiliki sekarang, melainkan si nenek telah berhasil menanamkan kepercayaan dirinya sehingga dia bisa terus mengembangkan diri hingga bisa sesukses sekarang.

Nah Bunda, beberapa tokoh tersebut telah menjadi bukti nyata bahwa tak selamanya kakek dan nenek akan membawa efek buruk bagi masa depan anak Anda. Malah nih, bisa Anda katakan hal tersebut sebagai mitos, karena jika memang Anda tak setuju dengan caranya merawat anak, maka bisa jadi Anda lupa bagaimana Anda bisa menjadi diri Anda yang sekarang, dong.

Jangan sampai prinsip Anda merusak keharmonisan Anda dan orangtua Anda ya, Bunda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading