Sukses

Parenting

Kapan Gigi Si Kecil Mulai Tumbuh?

Sebagai seorang ibu, pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda akan selalu menjadi perhatian Bunda sekalian. Mulai dari pertumbuhannya saat berada dalam kandungan hingga pertumbuhannya mulai dari bayi hingga dewasa nanti akan selalu menjadi salah satu fokus utama dalam hidup Bunda.

Salah satu pertumbuhan pada bayi yang sering ditunggu-tunggu adalah pertumbuhan gigi pada bayi. Apabila Bunda termasuk ibu baru, maka Anda pun akan bertanya-tanya kapan normalnya gigi pada bayi akan tumbuh dan sederet pertanyaan lainnya tentang pertumbuhan gigi buah hati Anda.

Seperti yang dilangsir dari situs babycenter.com, gigi sudah mulai tumbuh saat bayi Anda masih berada di dalam kandungan. Pada saat itu, pucuk-pucuk gigi sudah mulai menempati posisinya masing-masing di dalam gusi. Pada beberapa kasus yang langka, gigi bayi telah terlihat saat baru saja dilahirkan.

Pada umumnya, sebagian besar bayi mulai mengalami tumbuh gigi pertamanya saat berusia 4 – 7 bulan. Tak jarang beberapa bayi juga telah menunjukkan tanda-tanda gigi yang akan tumbuh saat masih menginjak usia 3 bulan. Sedangkan paling lama bayi mulai mengalami gigi yang tumbuh saat sudah berusia 1 tahun atau bahkan lebih.

Bunda tidak perlu khawatir jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda akan gigi yang tumbuh saat sudah berusia 1 tahun. Pertumbuhan gigi yang cepat atau lambat sangat wajar dialami oleh bayi. Saat pertama kali gigi si kecil tumbuh, jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga tersebut ya, Bun.

Pertumbuhan gigi pada bayi biasanya dimulai dengan dua gigi tengah di bagian bawah, lalu disusul dua gigi tengah bagian atas. Kemudian, gigi-gigi di samping gigi yang telah tumbuh tersebut akan mulai menyusul untuk tumbuh. Meskipun tidak rata pada awalnya, nanti gigi-gigi tersebut akan menjadi rata dan rapi.

Gigi geraham pada bayi yang berada di bagian belakang rongga mulut biasanya akan mulai tumbuh saat si kecil menginjak usia 2 tahun. Pada umur 3 tahun, si kecil akan memiliki 20 gigi susu yang lengkap dan tidak akan lepas sampai ia berusia 6 tahun yang mana nantinya akan digantikan dengan gigi permanen.

Selama gigi si kecil mulai tumbuh, Bunda akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan bayi yang rewel, demam, susah makan, sampai air liur yang menetes terus. Perawatan yang tepat dan baik akan membantu si kecil melewati masa-masa tumbuh gigi dengan nyaman yang tentu akan membuat Bunda senang.

Jadi, Bunda sekarang sudah tahu kan kapan gigi si kecil akan mulai tumbuh? Selamat melewati masa-masa yang menyenangkan sebagai seorang ibu.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading