Sukses

Parenting

Mencegah Demam Pada Bayi

Bayi memang masih rentan terkena berbagai macam penyakit karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Demam merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang bayi. Jika si kecil sudah terkena demam, maka Moms pun akan kalang kabut untuk mencari obatnya.

Well, Moms memang tidak bisa mencegah si kecil untuk tidak terkena demam sama sekali. Namun, Moms bisa melakukan beberapa tindakan preventif untuk meminimalisir buah hati Anda dari demam serta meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Pertama, pastikan semua orang yang menyentuh si kecil termasuk Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk menghindari penularan bakteri, kuman, infeksi, dan virus menyerang bayi Anda terutama bayi yang baru lahir yakni sekitar umur 0 – 2 bulan.

Kedua, minta teman dan anggota keluarga yang sedang sakit untuk tidak mendekati bayi Anda. Daya tahan tubuh bayi yang lemah sangat membuatnya mudah tertular penyakit dari orang lain yang sakit yang berada di dekatnya. Mereka pasti akan mengerti jika Anda meminta mereka untuk menjauh sementara dari si kecil.

Ketiga, tempat penitipan anak sangat rawan menjadi tempat penularan penyakit karena di sana ada banyak orang dan anak-anak lain yang bisa membawa kuman penyakit. Bayi yang ada di tempat penitipan anak juga lebih sering terserang demam daripada bayi yang ada di rumah saja.

Maka dari itu, sebelum memilih tempat penitipan anak, pastikan Anda mengecek kebersihan di tempat tersebut. Ketahui apakah para perawat di sana selalu mencuci tangan setelah mengganti popok, saat menyiapkan makan, dan saat akan melakukan kontak dengan anak-anak.

Selanjutnya, pastikan bayi Anda tidak kekurangan cairan. Untuk bayi di bawah 4 bulan, Moms harus memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup padanya. Sedangkan untuk bayi di atas 6 bulan, selain ASI Moms bisa memberikan dan mulai mengenalkan air putih atau jus pada si kecil.

Kelima, jauhkan bayi Anda dari para perokok karena bayi yang berada di lingkungan perokok memiliki risiko lebih tinggi terserang demam daripada bayi yang tidak berada di lingkungan perokok. Bayi yang dekat dengan para perokok juga sangat rentan menderita penyakit pernapasan atas.

Terakhir, usahakan untuk memberikan ASI selama yang Anda bisa minimal satu tahun. Meskipun tidak menjamin si kecil bebas infeksi, memberikan asupan ASI yang cukup dapat menguatkan daya tahan tubuh si kecil. Bayi yang mendapat asupan ASI menjadi jarang terserang penyakit daripada bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Jadi, lakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan buah hati Anda tercinta ya, Moms.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading