Sukses

Parenting

Perawatan Saat Bayi Tumbuh Gigi

Wah, si kecil sudah mengalami tumbuh gigi. Moms sudah pasti senang karena melihat pertumbuhan buah hati Anda yang semakin menggemaskan. Selain itu, Moms juga harus siap dengan beberapa perubahan yang terjadi saat gigi-gigi si kecil mulai tumbuh.

Mulai dari rewel, demam, sampai air liur yang menetes terus sebagai efek dari gigi yang mulai tumbuh. Moms pasti mulai dibuat pusing jika buah hati Anda sudah seperti ini. Nah, untuk membantu Moms semua yang sedang menghadapi bayi tumbuh gigi, berikut ada tips merawatnya yang dilangsir dari situs babycenter.com.

Pertama, Moms dapat memberikan sesuatu untuk dikunyah si kecil seperti misalnya mainan karet untuk bayi atau handuk basah. Apabila buah hati Anda sudah lebih besar dan bisa makan makanan padat, maka Moms boleh memberikannya biskuit, yogurt, atau makanan lainnya yang aman untuk bayi.

Memberi sesuatu untuk dikunyah bayi dapat meredakan nyeri pada gusi akibat gigi yang sedang tumbuh. Selain itu, Moms juga dapat menggunakan jari tangan yang bersih untuk mengusap gusinya agar rasa nyerinya mereda sehingga ia pun tidak terlalu merasakan nyeri pada gusi.

Apabila cara di atas tidak berhasil, Moms bisa memberikan obat pereda nyeri pada anak seperti acetaminophen. Namun, pastikan Moms telah berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum memberikan suatu obat pada buah hati Anda.

Hindari memberikan aspirin pada bayi yang sedang tumbuh gigi atau bahkan mengusapkan aspirin pada gusi yang sedang nyeri. Penggunaan aspirin pada anak-anak dapat menyebabkan sindrom Reye yang bisa membahayakan kesehatan buah hati Anda.

Selanjutnya, Moms juga bisa mengusapkan gel pereda nyeri pada gusi si kecil untuk meredakan nyeri akibat gigi yang tumbuh. Tapi, sekali lagi jangan lupa untuk menanyakan pada dokter apakah gel tersebut aman atau tidak untuk digunakan oleh buah hati Anda.

Kebanyakan gel pereda nyeri memang aman untuk anak-anak, namun tak jarang gel tersebut dapat menimbulkan efek alergi pada bayi. Saat mengoleskannya, jangan terlalu banyak mengusapkan pada gusi bayi Anda karena bisa menyebabkan bayi tersedak.

Air liur yang terus menetes saat bayi sedang tumbuh gigi terkadang dapat menimbulkan ruam pada kulit bayi. Untuk mengatasinya, usahakan untuk tidak menggosoknya melainkan menyeka lembut dengan menggunakan kain basah atau tisu basah.

Moms juga dapat mengoleskan petroleum jelly pada dagu bayi Anda sebelum tidur untuk mengurangi serta mencegah terjadinya infeksi pada kulit si kecil. Nah, tidak sulit bukan merawat si kecil saat sedang tumbuh gigi? Selamat mencoba tips di atas untuk merawat si kecil yang sedang tumbuh gigi.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading