Sukses

Parenting

Tips Memberikan Dosis Obat yang Tepat pada Si Kecil (Part 1)

Si kecil yang sedang jatuh sakit sudah pasti menyita waktu dan perhatian Moms. Merawat dan memberikan obat pada si kecil yang sedang sakit sudah tentu dilakukan oleh Moms sekalian. Nah, agar buah hati Anda bisa segera sembuh, Moms perlu memberikan obat dalam dosis yang tepat.

Tak jarang salah memberikan dosis bisa membuat obat menjadi kurang efektif atau bahkan dapat berisiko membahayakan kesehatan anak Anda. Maka dari itu, sangat penting bagi Moms untuk dapat memberikan dosis obat yang tepat bagi buah hati Anda.

Untuk membantu para ibu, berikut ini ada beberapa tips agar Moms dapat memberikan dosis obat yang tepat pada si kecil yang telah dirangkum dari laman babycenter.com.

• Baca dengan seksama label pada obat agar Moms tidak salah dalam memberikan dosis obat pada buah hati Anda. Saat sedang terburu-buru, Anda bisa saja salah membaca ½ menjadi 2 yang tentu dapat memberikan efek yang tidak sesuai pada si kecil. Pastikan Anda membacanya dengan cermat dan di bawah cahaya yang terang agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan dosis.

• Beberapa obat untuk bayi seperti acetaminophen berupa sirup yang pekat sehingga Moms perlu membaca petunjuk bagaimana memberikan obat tersebut pada bayi Anda. Selain itu, hindari memberikan obat dalam bentuk sirup pekat pada anak yang lebih tua tanpa memerhatikan petunjuk yang ada pada label obat.

• Sangat penting bagi Moms untuk mengetahui berapa berat badan anak Anda. Beberapa dosis obat diberikan berdasarkan berat bada dan usia anak-anak. Maka dari itu, timbang berat badan si kecil setiap minggu dan tulis di tempat yang mudah dilihat sehingga Anda tidak perlu bingung saat ia tiba-tiba sakit.

• Apabila label obat yang berupa sirup menganjurkan Anda untuk mengocoknya terlebih dahulu, maka pastikan Moms mengocok obat sebelum memberikannya pada si kecil. Tidak mengocok obat terlebih dahulu dapat membuat bahan obat tidak tercampur dengan rata. Buah hati Anda bisa mendapatkan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit dari salah satu bahan obat tersebut.

• Sering bingung antara sendok makan atau sendok teh? Di label obat, sendok makan biasanya ditulis tablespoon atau Tbsp. (T) sedangkan untuk sendok teh biasanya ditulis teaspoon atau tsp. (t). Namun, Moms tidak perlu khawatir karena sebagian besar obat untuk anak tidak menggunakan satu sendok makan penuh sebagai dosisnya.

• Muncul efek samping yang tidak terduga saat si kecil minum obat? Segera hubungi dokter agar anak Anda bisa segera mendapatkan penanganan medis.

Masih ada beberapa tips lainnya di artikel berikutnya.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading