Sukses

Parenting

Ajarkan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Balita Masuk Sekolah

Sekolah adalah hal menyenangkan sekaligus menyeramkan bagi anak; terutama jika ini adalah kali pertama si kecil memulai jenjang pendidikannya di level PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau TK (Taman Kanak-Kanak).

Tidak mudah bagi buah hati untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman-teman barunya di sekolah. Nah, agar si kecil mudah beradaptasi di sekolah, ladies perlu tahu kuncinya: ajarkan beberapa basic skill yang berguna untuk si kecil saat dia sekolah.

Apa saja basic skill yang perlu dipelajari anak sebelum dia masuk sekolah? Berikut ini adalah daftarnya, seperti dikutip dari laman webmd.boots.com.

Basic skill yang paling utama adalah pergi ke toilet. Hal ini berarti bahwa ladies harus memberitahu kepada buah hati kapan dia harus ke toilet dan bagaimana menjadi mandiri saat berada di toilet. Oleh karena itu, ladies perlu melatih buah hati anda untuk melakukan toilet training. Dengan sering berlatih di rumah bersama orangtua, buah hati akan terbiasa mandiri dengan urusan toilet. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah ajarkan buah hati anda untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah keluar dari toilet.

Selain toilet training, basic skill yang juga perlu diajarkan kepada buah hati sejak dini adalah mengikat tali sepatu, mengancing, dan menutup resleting. Ketiga skill tersebut harus dikuasai buah hati sejak kecil karena ketiganya akan sering ditemui buah hati saat mereka berada di sekolah.

Next, ajarkan untuk makan dengan benar. Agar kegiatan makan siang di sekolah nantinya bisa berjalan dengan lancar, latihlah buah hati anda untuk menyendok makanan dengan benar. Pastikan pula bahwa si kecil tahu bagaimana cara membuka dan menutup kotak makannya dengan benar.

Basic skill lain yang juga harus dikuasai buah hati sebelum mereka masuk sekolah adalah berbicara di depan umum. Sampaikan kepada buah hati untuk tidak malu berbicara di depan umum, yaitu kepada guru dan teman-temannya. Untuk melatih skill yang satu ini, ladies bisa melaksanakan role play bersama buah hati. Berpura-puralah menjadi guru si kecil di sekolah.

Skill untuk mengetahui nama sendiri adalah hal yang juga penting untuk dikuasai. Sebagian anak-anak tidak “aware” dengan namanya sendiri, sehingga mereka mengalami sedikit kesulitan di sekolah, terutama dalam menentukan mana barang miliknya.

Yang terakhir, ajarkan kepada buah hati untuk mematuhi peraturan sekolah. Patikan bahwa si kecil bisa bersikap manis di sekolah dan mendengarkan setiap advice yang disampaikan oleh gurunya.

oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading