Sukses

Parenting

Anak Kedua Lahir, Bagaimana Memberi Pengertian Kepada Si Sulung?

Memberi pengertian kepada buah hati pertama bahwa dirinya akan segera memiliki adik bukanlah hal bisa disepelekan. Apalagi jika buah hati pertama anda masih berusia balita. Sesaat setelah adiknya lahir dan semua orang lebih memperhatikannya, si sulung akan merasa terabaikan. Then, the sibling rivalry might begin.

Nah, agar hal semacam ini tidak sampai terjadi, ada baiknya jika ladies segera memberi pengertian kepada anak sulung anda. Tidak perlu menunggu hingga si adik lahir; saat berada dalam masa kehamilan pun anda sudah bisa “memperkenalkan” adiknya kepada sang kakak.

Dalam proses ini, ada baiknya jika ladies mulai melibatkan si kecil dalam setiap tahapan kehamilan yang anda lalui. Misalnya, ketika anda baru saja melakukan USG dan menerima hasilnya, pastikan bahwa si kakak mengetahuinya. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dalam menjelaskan kepadanya. Kemudian, agar si kakak semakin senang, tunjukkan koleksi foto-foto bayi mereka dan ceritakan tentang masa bayinya.

Di tengah proses melibatkan si sulung dalam proses kehamilan anda, penting bagi ladies untuk mulai memberi pengertian kepada mereka; sebagai seorang kakak, tanggung jawab seperti apa yang harus mereka penuhi. In short, tell them your expectation.

Setelah si adik lahir, akan ada momen di mana buah hati pertama anda merasa kehilangan perhatian dan mencari cara untuk mendapat perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Jika buah hati pertama melakukan hal tersebut, never angry to them. Sebaliknya, gunakan joke-joke kecil untuk mengatasi hal ini. Becandaan yang anda gunakan akan membuat mereka lupa akan sibling rivalry yang tengah terjadi.

Next, untuk mencegah sibling rivalry dan membangun kedekatan antara kakak dan adik, hal yang perlu ladies lakukan adalah meng-encourage buah hati anda untuk memiliki semangat kebersamaan. Hal ini bisa dikembangkan dengan cara memberi kesempatan kepada dua buah hati untuk bermain bersama maupun menyelesaikan sebuah tantangan dalam game bersama.

Hal lain yang juga tidak kalah penting dalam mencegah sibling rivalry adalah tidak menjadikan salah satu buah hati sebagai yang paling favorite. Usahakan agar anda bersikap adil dan membagi waktu dengan baik—meskipun faktanya buah hati kedua nantinya akan membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan sang kakak. Selalu katakana kepada si sulung bahwa anda menyayangi keduanya.

Yang terakhir dan penting untuk disimak adalah jangan membandingkan anak. Kebiasaan membandingkan si sulung dan adiknya bukanlah hal yang baik. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya perasaan minder pada salah satu pihak. Ketika anak melakukan perbuatan terpuji, berikan pujian. Sedangkan ketika mereka nakal, nasehati dengan baik.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading