Sukses

Parenting

Anak Pertama Akan Memiliki Adik, Bagaimana Menjelaskannya?

Mengetahui bahwa ladies tengah hamil anak kedua pasti adalah momen yang sangat exciting bagi anda suami. Nah, bagaimana caranya untuk memberitahu kepada buah hati pertama bahwa mereka akan segera memiliki adik? Bagaimana jika buah hati pertama anda masih berusia balita, bagaimana cara menyampaikannya?

Buah hati yang masih berusia balita mungkin belum mengerti dengan baik apa yang akan terjadi jika mereka memiliki adik. Namun, ladies harus menyampaikan kepada mereka. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan mental balita pertama anda untuk menyambut kedatangan adiknya. You won’t expect sibling rivalry, will you?

Bagaimana menjelaskan kepada buah hati pertama bahwa mereka akan akan segera memiliki adik? Seperti yang dikutip dari laman babycenter.com, hal pertama yang harus ladies lakukan adalah menceritakan kepada buah hati bahwa di dalam perut anda tengah tumbuh calon adik untuk buah hati anda. Sampaikan pula bahwa anda ingin balita pertama anda banyak terlibat dalam proses persiapan kelahiran adiknya kelak.

Saat anda menyampaikan hal tersebut, balita pertama anda mungkin akan menanyakan beberapa hal seputar kehamilan anda. Hal tersebut sangat wajar. Pastikan bahwa ladies menjawab semua pertanyaana buah hati pertama anda tersebut dengan simple dan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

Selain itu, ladies juga bisa menanyakan kepada buah hati anda tentang apa yang mereka pikirkan tentang adiknya. Hal ini membantu anda mengoreksi setiap perspektif salah yang muncul di otak anak.

Next, pastikan bahwa ladies melibatkan buah hati pertama anda dalam setiap perkembangan kehamilan anda. Misalnya ketika janin anda mulai menendang, mintalah si kecil untuk memegang perut anda dan merasakan tendangan calon adiknya.

Yang tak kalah pentingnya adalah ceritakan semua hal positif tentang memiliki adik. Berikan gambaran kepada anak pertama anda apa yang harus dia lakukan sebagai kakak, hal-hal menyenangkan apa yang bisa dilakukan bersama sang adik. Jangan menunjukkan keletihan dan sakit yang anda rasakan saat hamil kepada buah hati pertama anda.

Untuk membuat buah hati pertama yang masih balita memahami tentang kehamilan, anda bisa menunjukkan foto-foto semasa hamil pertama kepada mereka. Tunjukkan pula foto-foto mereka saat bayi. Ceritakan hal-hal positif yang anda rasakan saat hamil dan dongengkan cerita tentang ketika mereka masih bayi. Dengan begitu, buah hati pertama akan memahami bagaimana proses pertumbuhan asiknya mulai dari kehamilan hingga kelahiran kelak.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading