Sukses

Parenting

ASI Eksklusif atau Susu Formula?

Sebagian dari ladies mungkin kini tengah dilemma menentukan apakah anda akan memberikan ASI eksklusif kepada buah hati anda ataukah memenuhi asupan gizi si kecil dengan bantuan susu formula. Nah, sebelum menjatuhkan pilihan anda, ada baiknya jika ladies menyimak beberapa keunggulan ASI dan susu formula.

Sudah menjadi rahasia umum jika ASI ekskusif sebaiknya diberikan kepada buah hati mulai dia berumur 0 sampai 4 bulan. Mengapa banyak ahli kesehatan menyarankan agar setiap ibu memberikan ASI kepada buah hatinya? Berikut ini alasannya seperti dikutip dari laman webmd.com.

Alasan yang paling utama adalah ASI mengandung zat antobodi alami yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi yang mendapat ASI eksklusif akan cenderung memiliki tubuh yang kebal dari penyakit dibandingkan bayi yang diberi susu formula.

Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, ASI juga terbukti lebih mudah dicerna oleh system pencernaan si kecil yang notabene masih dalam masa perkembangan. Dibandingkan dengan bayi yang meminum susu formula, bayi yang mengkonsumsi ASI lebih jarang mengalami konstipasi maupun masalah perut kembung.

Manfaat ketiga yang didapatkan dari memberi ASI eksklusif adalah resiko terjadinya sudden death syndrome pada buah hati lebih kecil.

Manfaat lain yang tidak kalah mengejutkannya dari memberi ASI eksklusif adalah ASI mampu meningkatkan kecerdasan buah hati. Bandingkan bayi yang diberi ASI eksklusif dan bayi yang disusui dengan susu formula, manakah yang lebih cerdas?

Next, bayi yang mendapatkan ASI di usia 0 sampai 4 bulan terbukti memiliki resiko obesitas yang rendah. Begitu pula dengan resiko penyakit lainnya, seperti asma, diabetes tpe 1 dan 2, kolesterol tinggi, maupun leukemia; bayi yang mendapat ASI jauh lebih kebal terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Sedangkan manfaat memberikan ASI eksklusif bagi ibu adalah resiko munculnya kanker payudara, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker Rahim yang kecil. Yang tidak kalah pentingnya adalah ASI bisa meningkatkan hubungan emosional antara buah hati dan anda.

Namun jika ladies lebih memilih untuk memberikan susu formula kepada si kecil, that’s also okay. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapat dari memberikan susu formula. Beberapa di antaranya adalah susu formula lebih praktis karena bisa diberikan oleh siapa saja dan kapan saja. Selain itu, suami anda juga bisa “menyusui” si kecil yang berdampak pada hubungan emosional ayah dan anak yang semakin meningkat.

Tak hanya itu, ladies yang tidak menyusui, tidak perlu repot mengatur makanan apa yang masuk ke dalam tubuh anda; anda bisa makan apa saja tanpa rasa khawatir apakah bayi anda bisa mentoleransi makanan yang anda konsumsi.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading